Tasikmalaya, 26/10 (ANTARA) - Tasik Festival yang menyuguhkan berbagai jenis dagangan dan dimeriahkan dengan hiburan musik merupakan sarana untuk mempromosikan produk kerajinan khas Tasikmalaya.

"Penyelenggaraan Tasik Festival ini sebagai ajang promosi produk-produk unggulan masyarakat kota Tasikmalaya," kata Wakil Wali Kota Tasikmalaya, Dede Sudrajat saat pembukaanTasik Festival di eks terminal Cilembang, Tasikmalaya, Senin.

Di hadapan para pengusaha, Muspida Tasikmalaya dan unsur TNI Polri, dan masyarakat, ia mengatakan, Tasikmalaya memiliki berbagai khas produk yang dihasilkan oleh masyarakat setempat dengan banyaknya kelompok usaha kecil dan menengah, seperti pembuatan batik, bordir dan kerajinan anyaman.

Ia menilai, kota Tasikmalaya merupakan wilayah yang cukup berpotensi yang mengembangkan berbagai usaha kecil dan menengah yang mampu mampu menyerap tenaga kerja.

"Ini juga sebagai upaya memperkuat kemandirian ekonomi Kota Tasikmalaya agar tidak selalu tergantung pada produk-produk luar," katanya.

Dede mengatakan, diselenggarakannya Tasik Festival diharapkan bisa meningkatkan daya beli masyarakat terhadap produk-produk khas Tasikmalaya.

Menurutnya, Tasik Festival mampu mengembangkan perekonomian masyarakat yang dapat meningkatkan pendapatan yang menguntungkan omzet lebih besar.

"Mudahan-mudahan Festival Tasik berjalan lancar sesuai dengan harapan kita semua," katanya.

Sementara itu digelarnya Tasik Festival merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan hari jadi Kota Tasikmalaya yang ke-8 dan telah menjadi 'branch image' di kalangan masyarakat.

Acara tersebut berlangsung sejak 23 Oktober hingga 15 November 2009 yang setiap hari dibuka dari pagi hingga malam.

Masyarakat yang berkunjung dipungut biaya beli tiket masuk area Tasik Festival seharga Rp3.000 per orang khusus hari Senin hingga Jumat, dan Rp5.000 per orang khusus Sabtu dan Minggu.

Sedangkan rangkaian acara hiburan untuk mengundang masyarakat akan ditampilkan kelompok musik lokal, dan musik dangdut serta hadiah langsung yang diundi dari nomor urut tiket yang dijual. ***2***

Feri Purnama
(U.PK-FPM/B/Z004/Z004) 26-10-2009 20:01:52

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2009