Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, mengalokasikan anggaran sebesar Rp20 miliar untuk penanganan dan pencegahan banjir.

Sekretaris Dinas PUPR Kabupaten Bekasi Iman Nugraha mengatakan, anggaran penanganan banjir digunakan untuk normalisasi sungai, perbaikan dan pembuatan tanggul baru, pembangunan embung air, drainase, hingga kolam retensi.

"Sekitar 40 titik sungai akan mulai dinormalisasi mulai bulan ini hingga Desember," kata Iman di Cikarang, Jawa Barat, Jumat.

Normalisasi 40 titik sungai dilakukan mengingat di lokasi tersebut terdeteksi sebagai penyebab banjir akibat meluapnya air sungai hingga ke permukiman penduduk.

"Karena permukiman warga tersebut juga berdekatan dengan empat sungai yang melintasi wilayah Kabupaten Bekasi," katanya.

Empat sungai yang menjadi prioritas normalisasi penanganan banjir karena berdekatan dengan permukiman warga itu di antaranya Kali Busa, Kali Jambe, Kali Pisang Batu, dan Kali Cilemah Abang.

"Kita juga akan memperbaiki tanggul jebol di Kecamatan Sukawangi, Tambun Selatan dan Muaragembong serta penguatan tanggul pada saluran sekunder," ungkapnya.

Selain itu pihaknya juga akan membangun tujuh embung air di empat kecamatan dengan total anggaran sebesar Rp6 miliar.

Kemudian pembangunan 15 drainase utama di lingkungan permukiman dan perumahan dengan anggaran Rp10 miliar serta kolam retensi di empat wilayah dengan alokasi anggaran sebesar Rp2 miliar.

"Semua anggaran penanganan banjir ini bersumber dari APBD kita tahun ini, mudah-mudahan sebelum penghujung tahun ini terealisasi semua agar penanganan banjir bisa maksimal," ucapnya.

Kepala Bidang Pengelolaan Sumber Daya Air pada Dinas PUPR Kabupaten Bekasi Nur Chaidir mengatakan upaya penanganan banjir dilakukan dengan melakukan koordinasi bersama Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung dan Citarum.

"Ini juga bagian dari komitmen setiap daerah dalam penanganan pencegahan banjir di wilayah Jabodetabekpunjur (Jakarta. Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Puncak, dan Cianjur)," kata dia.

Baca juga: Dua situ di Bekasi jadi fokus pencegahan banjir

Baca juga: Kabupaten Bekasi tandatangani komitmen penanganan banjir dan longsor se-Jabodetabekpunjur

Baca juga: Warga terdampak banjir di Muaragembong Bekasi bersyukur bisa lalui masa kritis bencana

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020