Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, mengklaim telah menghabiskan sebanyak 27.000 alat tes cepat untuk mendeteksi penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di wilayah setempat.

"Dengan intensitas tinggi pelaksanaan tes massal tersebut pemerintah daerah juga mampu mengendalikan penularan virus berbahaya ini. Tes massal pakai rapid masih terus berjalan karena kalau berhenti, ada orang sakit (positif) kita tidak tahu," kata Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi di Bekasi, Sabtu.

Menurut dia, 27.000 alat rapid test itu dihabiskan untuk mengetes secara acak di lingkungan warga, perbatasan wilayah, pusat keramaian, fasilitas publik, hingga pasar tradisional.

"Di stadion kami lakukan tes massal setiap hari, sehari rata-rata bisa 200-300. Itu semua gratis," kata dia.

Rahmat menyebut tes massal secara acak sudah melebihi target, yaitu satu persen dari penduduk Kota Bekasi sebanyak 2,4 juta jiwa.

"Mengacu pada Korea Selatan, di sana tes massal, yaitu 0,6 dari penduduknya. Sementara alat rapid test itu kemarin kami juga ada yang beli sendiri sebanyak 7.000," ucapnya.

Rahmat juga menyebut saat ini rasio penularan virus corona di Kota Bekasi dinilai sangat rendah. Hal itu dapat dibuktikan dengan mendengar ahli.

Baca juga: Ojek daring di Bekasi sudah boleh angkut penumpang

Berdasarkan data terakhir rasio reproduksi virus, yaitu 0,91 atau masih di bawah angka satu persen. Karena itu, dengan berbagai simulasi, aktivitas perekonomian tetap berjalan.

"Yang di mal di-rapid test, yang di tempat hiburan di-rapid test, di-swab. Sampai dengan saat ini sudah habis 3.000 alat rapid test. Yang reaktif belum ditemukan adanya klaster baru. Tetapi ada klaster malah dari rumah ke rumah. Kasus baru itu dapat dikendalikan dengan melakukan pelacakan interaksi," kata Rahmat.

Baca juga: Panti pijat dan spa di Kota Bekasi kembali dapat beroperasi

 

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020