Bupati Bandung, Dadang M Naser mewajibkan seluruh masyarakat untuk menggunakan masker saat berkegiatan di luar rumah guna memutus mata rantai penyebaran virus corona penyebab COVID-19.

Menurutnya hal itu sesuai dengan yang dimuat dalam Surat Edaran (SE) Nomor 440/043/SGTPP-COVID-19 Tanggal 3 April 2020 Tentang Penggunaan Masker Untuk Mencegah Penularan COVID-19.

"Semua warga Kabupaten Bandung tanpa kecuali, wajib menggunakan masker saat berada di luar rumah. Jika ada yang tidak pakai, akan ditertibkan atau diberi sanksi oleh petugas," kata Dadang dalam keterangannya di Bandung, Jawa Barat, Selasa.

Baca juga: Presiden wajibkan seluruh warga pakai masker saat berada di luar rumah

Meski demikian, menurutnya masyarakat lebih baik agar tetap di rumah dengan tidak berpergian agar dapat menerapkan metode pembatasan fisik. Namun apabila ada kebutuhan mendesak sehingga memerlukan pergi ke luar rumah, menurutnya masyarakat perlu menggunakan masker.

"Bila ada keperluan mendesak, dan terpaksa ke luar rumah, jangan lupa pakai masker," kata dia.

Selain itu ia juga meminta agar masyarakat terus menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Di antaranya dengan sering mencuci tangan dengan sabun, melaksanakan etika batuk dan bersin, rajin olah raga dan istirahat yang cukup.

Baca juga: Jubir wajibkan masker untuk semua, mulai hari ini pakai masker saat di luar

Dia juga telah menginstruksikan kepada seluruh perangkat wilayah di Kabupaten Bandung untuk terus mengedukasi masyarakat agar tidak panik dan tetap waspada.

"Semua pihak, jangan bosan mengingatkan kepada warga. Ini demi kepentingan dan kekompakan kita bersama untuk mencegah penularan COVID-19," katanya.

Menurutnya virus corona sangat lemah terhadap panas matahari dan sabun penghilang lemak. Namun, kata dia, ketahanan tubuh atau imun manusia sangat memengaruhi potensi penularan.

"Jaga kondisi tubuh kita dengan asupan makanan bergizi, konsumsi vitamin dari buah dan sayur, serta biasakan berjemur matahari minimal 15 menit sehari. Untuk lingkungan kita, jaga kebersihannya. Jangan sampai ada ruangan lembab di rumah, semprotkan disinfektan (lakukan disinfeksi) dengan bahan yang mudah didapat secara berkala," kata dia.

Baca juga: Dokter imbau masker kain harus dicuci menggunakan deterjen dan air hangat

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020