Pertamina menambah pasokan elpiji bersubsidi untuk wilayah Kabupaten Karawang, Jabar, menyusul tingginya kebutuhan elpiji, setelah pemerintah mengimbau agar masyarakat berada di rumah selama penanganan virus Corona atau COVID-19.

"Kami telah menambah pasokan elpiji 3 kilogram secara bertahap, khususnya di wilayah Purwasuka (Purwakarta, Subang dan Karawang),” kata Dewi Sri Utami, Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR III, saat dihubungi di Karawang, Sabtu.

Ia mengatakan, konsumsi elpiji bersubsidi 3 kilogram di wilayah Purwasuka sepanjang Maret ini cukup tinggi dibandingkan pada Januari-Februari 2020.

Sehingga Sales Area Manager Purwasuka melakukan penambahan pasokan (fakultatif) elpiji secara bertahap, mencapai 50-100 persen dari pasokan harian normal.

Baca juga: Pemkot Cirebon pastikan pasokan elpiji subsidi 3 kilogram aman

"Untuk mengantisipasi kenaikan permintaan dari masyarakat, kami terus memastikan kesediaan produk di agen dan pangkalan, sebagai penyalur resmi Pertamina," kata dia.

Dewi mengimbau masyarakat untuk ikut serta mengawasi pendistribusian elpiji bersubsidi, karena elpiji 3 kilogram merupakan produk subsidi yang dialokasikan untuk masyarakat pra-sejahtera dan Usaha Mikro, sesuai dengan peraturan pemerintah.


Baca juga: Pemerintah: Tidak ada kenaikan tarif listrik dan harga elpiji

Selama imbauan #DiRumahAja saja, penggunaan elpiji nonsubsidi di Karawang juga meningkat sekitar 10 persen.

Peningkatan konsumsi produk elpiji nonsubsidi Bright Gas 5,5 kilogram dan 12 kilogram itu rata-rata mencapai 10 persen.

Menurut dia, kondisi tersebut tidak hanya terjadi di Karawang. Tapi juga terjadi di wilayah Purwakarta dan Subang.

Kenaikan atau peningkatan konsumsi elpiji itu diakuinya murni karena adanya #DiRumahAja atau imbauan pemerintah agar masyarakat membatasi mobilisasi keluar rumah, bekerja, sekolah dan beribadah dari rumah.

Atas hal tersebut, masyarakat banyak melakukan aktivitas di rumah termasuk untuk memasak.

Dewi mengakui kalau peningkatan konsumsi secara umum terjadi di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten selama sepekan terakhir seiring dengan adanya imbauan agar warga di rumah saja itu. 

Baca juga: Selama pencegahan COVID-19, penggunaan elpiji di Karawang meningkat

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020