PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 3 Cirebon, Jawa Barat, menggunakan bilik disinfektan di stasiun untuk mensterilkan para penumpang sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona atau COVID-19.

"Kami mengoperasikan bilik disinfektan di Stasiun Cirebon. Bilik tersebut diperuntukkan bagi para penumpang dan petugas," kata Manajer Humasda KAI Daop 3 Cirebon Luqman Arif di Cirebon, Jumat.

Luqman mengatakan dihadirkannya bilik disinfektan merupakan upaya pencegahan penyebaran COVID-19 di area stasiun dan di atas kereta api.

Baca juga: KAI Cirebon periksa suhu tubuh calon penumpang antisipasi corona

Dalam bilik tersebut, para penumpang KA disterilkan dengan cara disemprot cairan disinfektan ke seluruh bagian tubuh penumpang.

Dengan upaya tersebut diharapkan bisa membunuh kuman ataupun bakteri yang menempel pada tubuh penumpang sekaligus sebagai upaya PT KAI untuk memberikan rasa aman.

"Seluruh petugas KA yang akan menjalankan tugas ataupun selesai menjalankan dinas juga wajib masuk dalam bilik tersebut untuk dilakukan sterilisasi," ujarnya.

Bilik disinfektan ini, kata Luqman diprogramkan dipasang di seluruh stasiun keberangkatan kereta api wilayah Daop 3 Cirebon.

"Saat ini bilik disinfektan hanya terpasang di Stasiun Cirebon. Selanjutnya secara bertahap, akan dipasang di Stasiun Cirebon Prujakan, Brebes, Jatibarang dan di Haurgeulis," katanya.

Baca juga: KAI Cirebon semprot disinfektan seluruh fasilitas cegah COVID-19

Selain menghadirkan bilik disinfektan, Daop 3 Cirebon juga telah menambahkan beberapa wastafel portabel di Stasiun Cirebon yang terletak di area peron dan selasar stasiun.

Dengan wastafel portabel ini, pengunjung maupun penumpang KA yang berada di stasiun bisa lebih leluasa dan intens mencuci tangan.

Baca juga: KAI sebut 32 perjalanan KA lintas selatan Jawa dihentikan sementara

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020