Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon, Jawa Barat, optimis untuk target 2 juta kunjungan wisatawan pada tahun ini terpenuhi, karena data terakhir sudah sekitar 90 persen.

"Data terakhir untuk kunjungan wisatawan sudah 1.686.000 dan kami optimis bisa memenuhi target," kata Kabid Kebudayaan dan Pariwisata Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Eddy Tohidi di Cirebon, Senin.

Menurut dia jumlah tersebut merupakan data terakhir pada bulan Oktober 2019 dan untuk mencapai target sampai akhir Desember ini tentu sangat bisa terpenuhi.

Banyaknya kunjungan wisatawan ke Kota Cirebon tidak lepas adanya berbagai destinasi wisata yang ada, meskipun Eddy, mengaku masih mengandalkan wisata budaya, sejarah dan kuliner.

"Sampai Desember ini pasti tercapai target 2 juta wisatawan dan malah lebih," ujarnya.

Untuk terus meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kota Cirebon, pihaknya saat ini sedang menciptakan destinasi wisata baru berupa kampung wisata di lima tempat.

Di mana masing-masing kampung wisata memiliki ciri khasnya, seperti di kampung wisata seni Kanoman yang baru saja diresmikan, nantinya wisatawan bisa menikmati pertunjukan seni khas Cirebon dan juga kulinernya.

"Nanti ada kampung wisata Arab, Pecinan, Merbabu dan Bendakerep," tuturnya.

Semua itu kata Eddy, upaya Pemkot Cirebon untuk terus meningkatkan kunjungan wisatawan, karena dengan itu juga bisa memberikan dampak perekonomian bagi warga sekitar.

Baca juga: Cirebon siapkan lima kampung wisata untuk tarik wisatawan

Baca juga: KAI Cirebon siapkan alat material siaga di 20 stasiun antisipasi gangguan


 

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019