Dinas Perhubungan Kabupaten Garut memasang seratus titik penerangan jalan umum (PJU) baru di sejumlah titik jalan yang ramai dilalui kendaraan di Garut, Jawa Barat, untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengguna jalan terutama pada musim libur Natal dan pergantian tahun.

"Sekarang ada seratus PJU dipasang di beberapa titik jalan di Garut," kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Garut, Suherman melalui telepon seluler, Minggu.

Ia menuturkan, Dishub Garut baru mengalokasikan 100 PJU baru untuk dipasang di beberapa titik jalan di 15 kecamatan yang ramai dilintasi kendaraan.

Selain memasang PJU baru,  Dishub Garut juga memperbaiki 75 PJU yang selama ini kondisinya rusak tersebar di beberapa titik jalan raya.

"Tidak hanya memasang PJU baru, kami juga memperbaiki PJU yang rusak sebanyak 75 titik," katanya.

Ia menyampaikan keberadaan PJU merupakan bagian terpenting untuk menerangi jalanan agar pengguna jalan merasa nyaman dan aman saat berkendara malam hari.

Ia berharap adanya PJU di jalan raya terutama yang terpasang di kawasan sepi dapat meminimalisasi tindak kejahatan di jalanan.

"Makanya keselamatan jalan dengan memasang rambu termasuk PJU merupakan bagian terpenting untuk menjaga keselamatan di lokasi rawan dan gelap," katanya.

Pengguna jalan warga Garut, Agus berharap pemerintah daerah tidak hanya memasang fasilitas penerangan jalan di kawasan perkotaan saja, tetapi dapat memasang di jalur desa atau perkampungan.

Menurut dia, PJU di jalanan desa bagian yang penting yakni selain untuk kenyamanan pengguna jalan, juga bisa mencegah terjadinya kejahatan.

"Mudah-mudahan jalanan utama dan yang ada di desa-desa bisa segera dipasang PJU," kata Agus warga Tarogong Kidul, Garut.***1***

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Feri Purnama


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019