PT Pertamina memastikan pelayanan solar subsidi di wilayah Priangan Timur di antaranya Kabupaten Garut, Jawa Barat, tersedia dengan aman untuk memenuhi kebutuhan angkutan umum maupun barang dengan menambah pasokan sebesar 20 persen.

"Pada Sabtu (16/11), kami sudah meningkatkan penyaluran lebih dari 20 persen dari penyaluran bulan Oktober," kata Unit Manager Communication Relations & CSR Pertamina MOR III Dewi Sri Utami melalui siaran pers yang diterima di Garut, Selasa.

Ia menuturkan, PT Pertamina Marketing Operation Region III terus memastikan pasokan bio solar di wilayah Priangan Timur, yakni Kabupaten/Kota Tasikmalaya, Pangandaran, Ciamis, Garut dan Banjar tersedia dengan aman.

Ia menyampaikan, stok bio solar di Fuel Terminal Tasikmalaya yang memasok SPBU di wilayah Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, dan Pangandaran berada dalam kondisi aman, begitu juga untuk pasokan SPBU di Garut yang berasal dari Fuel Terminal Bandung tersedia aman.

Pertamina, lanjut dia, melakukan pemantauan penyaluran solar dari Fuel Terminal hingga ke SPBU selama 24 jam, seiring dengan diaktifkannya Satuan Tugas Natal dan Tahun Baru (Satgas Nataru) mulai 15 November 2019.

"Sampai hari ini pasokan BBM terutama untuk produk bio solar aman," katanya.

Ia mengimbau masyarakat untuk menggunakan bio solar sesuai alokasinya berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 Tahun 2014 yakni bio solar hanya ditujukan bagi rumah tangga, usaha mikro, usaha pertanian, usaha perikanan, transportasi, dan pelayanan umum.

Bagi masyarakat pengguna bahan bakar diesel, kata dia, Pertamina sudah menyediakan varian BBM alternatif untuk kendaraan bermesin diesel yakni dexlite dan pertamina dex yang tersedia di SPBU dengan kualitas lebih baik.

Ia menyebutkan, di area Priangan Timur terdapat 66 SPBU outlet dexlite dan 30 SPBU outlet pertamina dex, salah satunya berada di SPBU 3446103 Jalan RM Martadinata, Cipedes, Kota Tasikmalaya.

Terkait masyarakat memiliki keluhan mengenai ketersediaan BBM dan gas, kata dia, bisa menghubungi Pertamina melalui pusat sambungan telepon ke nomor 135.

Baca juga: Pemilik kendaraan sulit mendapatkan solar subsidi di Garut

Baca juga: Pertamina imbau kendaraan mesin diesel di Priangan Timur gunakan dexlite

 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Feri Purnama


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019