Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Sukabumi Kota memeriksa kelaikan operasional bus di Terminal Tipe A KH Ahmad Sanusi yang berada di Jalan Lingkar Selatan Baros Kota Sukabumi, Jawa Barat.

"Melalui kegiatan ini kami bisa mengetahui secara langsung kesiapan terminal, kelaikan armada bus hingga pengemudi bus yang beroperasi," kata Kasat Lantas Polres Sukabumi Kota AKP Atik Suswanti di Sukabumi, Kamis.

Menurutnya, peninjauan terhadap terminal tipe A KH Ahmad Sanusi ini merupakan salah satu peran serta kepolisian untuk memastikan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas bagi penyelenggara sarana angkutan, pengemudi hingga penumpang angkutan bus.

Tidak hanya memeriksa kelaikan jalan armada bus, jajaran Satlantas Polres Sukabumi Kota yang didampingi petugas Terminal Tipe A KH Ahmad Sanusi juga meninjau sarana dan prasarana yang ada di terminal tersebut.

Selain itu, polisi menyempatkan diri menyapa sejumlah penumpang yang hendak berangkat ke luar kota dengan menggunakan jasa angkutan massal umum ini. Langkah ini dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi calon penumpang yang hendak bepergian.

"Kegiatan yang kami lakukan juga untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas dan kriminalitas di angkutan umum, karena tidak sedikit kasus kecelakaan yang disebabkan tidak laiknya bus saat beroperasi," tambahnya.

Atik mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan untuk meningkatkan koordinasi antara Satlantas Polres Sukabumi Kota dengan terminal selaku penyelenggara sarana angkutan.

Dengan kuatnya koordinasi ini tentunya akan mudah dalam melakukan berbagai penanggulangan seperti antisipasi kecelakaan lalu lintas maupun kejadian yang tidak diinginkan serta meningkatkan pelayanan, baik pada bus yang sedang beroperasi maupun di lingkungan terminal, tambahnya.

Baca juga: Tujuh korban tewas kecelakaan di Tol Cipali sudah dibawa keluarga

Baca juga: Ini kronologi kecelakaan bus pelajar asal Batang di Cipali

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019