Di zaman teknologi yang semakin berkembang terutama untuk internet, membuat pengguna smartphone tidak bisa melepasnya. Baik itu untuk mencari berita terupdate, bermain game, chatting, menonton film atau video hingga menjelajah dunia maya. Hal seperti ini tentunya akan menguras daya pada baterai smartphone. Inilah penyebab kenapa para produsen elektronik menciptakan sebuah aksesoris smartphone bernama powerbank.

Dengan sifatnya yang portable kamu bisa menggunakan smartphone kapanpun dan dimanapun tanpa takut kehabisan daya baterainya. Dalam memilih sebuah powerbank juga tidak boleh sembarangan. Disini kami akan memberikan tips cara memilih powerbank agar smartphone tidak rusak dan tentunya tahan lama. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Kapasitas baterai ponsel dan powerbank harus sesuai

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan ketika ingin membeli powerbank adalah cek kapasitas ponsel. Pastikan kapasitas baterai ponsel sesuai dengan kapasitas daya powerbank yang akan kamu beli. Kamu juga bisa memilih kapasitas powerbank dua kali lipat dengan daya baterai ponsel dan tentunya berlaku untuk kelipatan lebih.

Contohnya, kapasitas daya baterai ponsel kamu 2.500 mAh, maka kamu bisa mencari kapasitas daya powerbank sebesar 5.000 mAh maupun 10.000 mAh. Hal ini bertujuan supaya powerbank tidak hanya digunakan dalam sekali saja melainkan bisa lebih dan tidak akan membuat kamu repot juga ketika sedang melakukan perjalanan jauh. Selain itu kamu juga bisa meminjamkan powerbank pada teman yang membutuhkannya.

2. Sesuaikan arus output pada powerbank dengan kepala charger ponsel kamu

Dalam membeli powerbank hal terpenting yang perlu kamu perhatikan adalah arus outputnya untuk mengisi baterai ponsel. Semakin besar arus output untuk mengisi daya baterai ponsel maka baterai smartphone akan cepat terisi. Apalagi kini sudah banyak smartphone yang dibekali dengan fitur fast charging.

Jika pada kepala charger kamu tertulis arus output 2 Ampere maka carilah powerbank yang memiliki arus output sama. Selain akan membuat umur baterai lebih lama, proses pengisian dayanya juga akan berjalan lancar dan normal. Biasanya kapasitas powerbank tertera pada bagian kardus kemasan atau pada casing powerbank itu sendiri.

3. Hindari powerbank berharga murah

Jangan mudah tertipu dengan harga powerbank yang murah, karena belum tentu memiliki kualitas baik. Yang perlu kamu ingat adalah ada harga, ada kualitas. Jadi, kamu jangan langsung terpesona dengan powerbank berkapasitas besar berharga murah. Sudah pasti itu barang palsu.

Coba deh kalo dipikir dengan logika mana mungkin jika powerbank berkapasitas besar apalagi bermerk dijual murah. Hal ini mengacu pada baterai yang digunakan juga pada powerbank. Bisa jadi baterai yang digunakan adalah baterai rekondisi, wah bahaya banget! Selain merusak baterai ponsel powerbank yang menggunakan baterai rekondisi juga bisa berakibat merusak smartphone kamu, lho. Alangkah baiknya kamu cek dulu harga powerbank tersebut dipasaran.

4. Pilihlah merk powerbank yang original

Saking banyaknya powerbank yang tersebar di pasaran, tak heran banyak juga yang menjual merk powerbank palsu. Dengan memilih produk powerbank yang bermerk pastinya keaslian dan kualitasnya tidak perlu diragukan lagi deh.

Tetapi untuk mendapatkan powerbank yang original pastinya akan menguras isi dompet kamu. Seperti yang sebelumnya kami katakan ada harga, ada kualitas. Karena secara umum memang harga powerbank bermerk asli lebih mahal karena kualitasnya sudah terjamin serta kapasitas dayanya yang tidak menipu.

Itulah, empat tips untuk memilih powerbank dengan kualitas baik yang bisa menjadi referensi kamu. Dan perlu kamu ketahui menggunakan powerbank terlalu sering juga dapat meningkatkan panas pada ponsel. Jadi, tetap gunakan powerbank sesuai dengan kebutuhan kamu ya!

Sumber : Hippo Indonesia


Baca juga: LG V20 Dipastikan Hadir di Pasar Indonesia

Baca juga: Google Pixel Mulai Dijual di AS

Pewarta: Isyati Putri

Editor : Isyati Putri


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019