Parasite merupakan film asal Korea Selatan yang digarap oleh sutradara Bong Joo-Hoo yang memenangkan Palme d'Or (penghargaan tertinggi) di Festival Film Cannes 2019.

Bong Joon-Hoo mampu memberikan suasana baru sekaligus menyindir kehidupan dengan permainan alur cerita yang sangat kental dengan kehidupan sehari-hari. 

Memperlihatkan bagaimana potret kehidupan dari orang-orang yang berbeda keadaannya untuk bisa hidup di satu ruang yang sama.

Keluarga Kim, Kim Ki-taek (Song Kang-ho). Choong-sook (Jang Hyae-jin). Kim Ki-Woo (Choi Woo-shik), Kim Ki-jung (Park So-dam). Dan keluarga Mr. Park, Mr. Park (Lee Sun-kyun), Yeo-kyo (Cho Yeo-jeong), Park Da-hye (Jung Ji-so), Park Da-seong (Jung Hyun-Joon).

Film ini mampu memberitahu betapa besar jurang strata sosial yang ada dalam kehidupan.

Parasite bercerita tentang keluarga Ki-Taek bersama istrinya Choong-Sook dan dua orang anaknya yang pengangguran yaitu Ki-Woo dan Ki-Jung. Salah satu anaknya, Ki-Woo, mendapatkan pekerjaan sebagai guru les pribadi di keluarga kaya (keluarga Mr.Park).

Kritik mengenai isu pertentangan kelas masih sangat kuat di abad sekarang dengan pengemasan yang menarik dan menaruh sisi komedi gelap, drama dan thriller.

Pengemasan yang menarik seperti ketika musim semi tiba, di saat itu pula pemandangan jendela antara penghuni rumah elit dan yang hidup di gang sempit.

Kedalaman karakter dan pengemasan cerita menjadi faktor penting dalam film ini yang mampu menyihir penonton tertawa namun mampu untuk berfikir setiap adegan ke adegan lainnya.

Permainan alur cerita yang seperti mengalir apa adanya dan tidak mudah ditebak mampu menghipnotis kala menontonnya.

Komedi satire yang disuguhkan menjadi sorotan perhatian bahkan dibawa tidak sadar seperti sedang menertawakan kondisi sosial yang dialami. 

Pada beberapa adegan difilm ini membuat seakan menertawakan apa yang pernah dialami dan terjadi dikeseharian. Seperti saat keluguan istri Mr. Park yang dikelabui oleh Ki-jung yang mengarang cerita seolah-olah mengerti tentang terapi yang sebenarnya bersumber dari google hingga istri Mr. Park menaruh kepercayaan kepada Ki-jung. 

Film Parasite hanya bisa disaksikan di bioskop CGV dan Cinemaxx yang ada.
 

Pewarta: Lugas Pribady

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019