Pemudik yang menggunakan moda transportasi bus Terminal Cicaheum Bandung pada mudik Lebaran2019 mengalami penurunan dibanding 2018.

Kepala Terminal Cicaheum, Kota Bandung, Roni Hermanto mengatakan berdasarkan catatan pihaknya, jumlah penumpang sampai saat ini menurun hingga 11 persen.

"Ada penurunan 11 persen jumlah penumpang yang berangkat dari Terminal Cicaheum, tahun ini jumlah penumpang dari H-7 hingga H-3 lebaran jumlahnya 18.948 orang, sedangkan tahun lalu penumpang disini 21.337 orang," ujarnya di Bandung, Senin.

Berdasarkan data, penurunan penumpang telah terlihat sejak H-6 hingga 25 persen. Pada H-6 lebaran tahun lalu jumlah penumpang sebanyak 4.684 orang, sedangkan tahun ini hanya 3.530 orang.

Namun sejak H-7 lebaran tahun ini jumlah penumpang tergolong fluktuatif. Pada H-4 lebaran tahun ini jumlah penumpang sempat melonjak hingga 12 persen dibanding tahun sebelumnya. Namun jumlah keseluruhan penumpang dibanding tahun lalu menurun, tambahnya.

Roni menduga faktor penyebab penurunan jumlah penumpang bus di Terminal Cicaheum tersebut dikarenakan banyak penumpang atau pemudik memilih menyewa mobil dan juga banyaknya mudik gratis yang ingin disediakan oleh pemerintah dan sejumlah instansi lain.

"Banyaknya mudik gratis, pilih mobil carteran dan kereta api juga yang menjadi idola sekarang," sebutnya.

Sementara itu, hingga Senin (3/6) jam 10.00 WIB, kata dia sekitar 1.992 penumpang telah diberangkatkan dari Terminal Cicaheum menuju kampung halamannya masing-masing.

Baca juga: Organda Garut : Tarif angkutan umum naik selama musim mudik

Baca juga: Senin pagi diberlakukan lagi satu arah di tol Cipali

 

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019