PT Alam Indah Lestari (AIL) pengelola Taman Wisata Alam Gunung Papandayan di Kabupaten Garut, Jawa Barat, melakukan pembenahan kawasan wisata selama Ramadhan untuk persiapan memberikan kenyamanan bagi pengunjung saat musim libur Hari Raya Lebaran 2019.

"Tentunya kita selalu berbenah dari tahun tahun sebelumnya agar menciptakan Papandayan yang memanjakan pengunjung," kata Direktur PT AIL, Tri Persada di Garut, Minggu.

Ia menuturkan, jajarannya membenahi sarana dan prasarana Kawasan Wisata Alam Gunung Papandayan, salah satunya jalur 'jogging track' yang nyaman dan aman untuk dilintasi wisatawan.

"Kita sedang dalam tahap penataan di dalam pembuatan jogging track," katanya.

Penataan yang dilakukan selama Bulan Ramadhan itu, kata dia, sebagai bentuk persiapan pengelola memberikan pelayanan yang terbaik kepada pengunjung pada musim libur Lebaran.

"Kita sudah sangat  siap ketika ada lonjakan pengunjung di musim libur Lebaran," katanya.

Gunung Papandayan merupakan kawasan wisata alam di Kecamatan Cisurupan yang menyuguhkan keindahan alam seperti tebing kawah bekas letusan gunung, bumi perkemahan, taman edelweis, hutan mati dan pemandian air panas.

Setiap harinya wisata alam itu banyak dikunjungi wisatawan dalam negeri, bahkan luar negeri yang datang secara rombongan maupun kelompok kecil untuk berkemah, ada juga sekadar menikmati keindahan kawah.

Namun memasuki Bulan Ramadhan tingkat kunjungan ke Gunung Papandayan drastis turun dibandingkan dengan hari-hari biasa, diprediksi akan terjadi lonjakan pengunjung pada musim libur Lebaran.

"Dibandingkan hari biasa itu jauh sekali turunnya, karena memang ada masyarakat yang fokus menjalani ibadah puasa, atau pun dengan alasan-alasan lain," kata Tri.

Baca juga: Jalan menuju taman wisata alam Gunung Papandayan sudah bisa dilintasi bus

Baca juga: Membantu sang raja hutan di habitat Guntur-Papandayan

Baca juga: Aktivis lingkungan tolak status CA menjadi TWA hutan Garut

 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Feri Purnama


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019