Bulog memastikan persediaan beras untuk kebutuhan warga baik di Kota maupun Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, mencukupi selama Ramadhan hingga perayaan Idul Fitri tahun ini..

"Bulog mempunyai beberapa gudang di Sukabumi seperti di Pasirhalang, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi. Di gudang tersebut persediaan beras mencukupi hingga tiga bulan ke depan," kata Wakil Kepala Bulog Subdivre Cianjur Desi Asmiati di Sukabumi, Minggu.

Menurutnya, dari pantauan di beberapa pasar tradisional di Sukabumi untuk harga beras premium dan medium pun dalam posisi stabil. Adapun harganya untuk kualitas premium Rp10.000 per kilogram dan medium Rp8.700 - Rp9.000 per kilogram.

Tidak hanya beras, persediaan daging di Bulog memenuhi permintaan warga Sukabumi mencukupi karena pihaknya saat sudah menyediakan daging sapi beku dengan harga Rp80.000 per kilogram. Daging sapi ini sudah mulai didistribusikan untuk menstabilkan harga di pasar jika permintaan meningkat.

Biasanya permintaan dari konsumen meningkat pada H-1 hingga H+7 Ramadhan yang setelah itu permintaan kembali normal cenderung menurun. Tetapi mulai H-3 Idul Fitri permintaan kembali melonjak karena sudah menjadi kebiasaan warga merayakan Idul Fitri dengan masak berbagai hidangan.

"Kami menjamin persediaan mencukupi, harga tetap stabil serta persediaan lancar. Kami bersama Satgas Pangan Kota Sukabumi pun rutin melakukan pengawasan di setiap pasar," tambahnya.

Di sisi lain, Desi mengatakan Bulog memiliki program Rumah Pangan Kita, untuk membantu masyarakat dalam pembelian komoditi. Program ini bekerjasama dengan warung di pemukiman masyarakat, sehingga warga bisa membeli komoditas kebutuhan pokok lebih terjangkau, dekat dengan rumah dan murah. 

Baca juga: Stok beras di Purwakarta aman untuk Ramadhan dan Lebaran

Baca juga: Bulog jamin ketersediaan beras di Jawa Barat jelang Ramadhan

 

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019