Wakil Wali Kota Cirebon, Jawa Barat, Eti Herawati mengatakan peran perempuan di Kota Udang itu untuk pembangunan negeri saat ini sudah semakin luar biasa dan banyak dari mereka yang menempati posisi strategis di berbagai bidang.

"Kartini dahulu berjuang untuk kesetaraan gender dengan luar biasa. Dan hari ini ruangnya sudah terbuka luas, maka harus dimanfaatkan sebaik mungkin," kata Wakil Wali Kota Cirebon Eti di Cirebon, Minggu.

Menurut Eti, kaum perempuan saat ini sudah mempunyai peran yang sama dengan kaum lelaki, seperti halnya ketika dia duduk sebagai wakil rakyat, banyak kebijakan-kebijakan yang telah diperjuangkan.

Baik yang berkaitan dengan kaum perempuan maupun masyarakat luas pada umumnya.

Di Kota Cirebon lanjut Eti, peran perempuan sudah sangat luar biasa, baik yang menduduki jabatan sebagai legislatif maupun eksekutif dan itu patut disyukuri serta dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk membangun negeri ini.

"Sekarang ini tentunya tinggal mengisi yang sudah diperjuangkan (oleh RA Kartini) dan harus diisi dengan pembangunan di negeri ini," ujarnya.

Selain bidang politik dan pemerintahan perempuan di Kota Cirebon kata Eti juga sudah banyak yang menjadi tulang punggung perekonomian khsususnya di sektor UMKM.

Di mana banyak perempuan yang memperjuangkan nasib mereka dengan membangun berbagai usaha dan ini tentu sangat positif bagi mereka, karena tidak lagi mengandalkan kaum lelaki.

"Peran serta perempuan memang sudah tinggi. Di sektor UMKM juga banyak peran dari mereka dan hari ini perempuan tidak lagi seperti dahulu yang tersekat-sekat, karena porsinya juga sudah ada," tuturnya.

Baca juga: Teh Ineu: semangat Kartini masih relevan dengan "perempuan zaman now"

Eti menambahkan kalau untuk peran perempuan di pejabat publik saat ini tidak lagi diragukan, karena sudah banyak yang hari ini sudah mengisi basis-basis di semua bidang.

Seperti politisi perempuan juga harus menentukan kebijakan untuk keberpihakan kepada kaumnya.

"Di rumah tangga perempuan juga harus mampu jadi prioner bagi anak dan keluarganya," katanya.

"Jadi peran serta perempuan menjadikan satu kesatuan dan akhirnya meningkatkan keterwakilan perempuan di segala bidang. Seperti itu perjuangan sekarang yang harus dihadapi perempuan," kata Eti menambahkan.

Baca juga: Sebagai perempuan, Kapolres Cianjur terapkan semangat Kartini dalam bekerja

Baca juga: Puluhan perempuan berkebaya naik vespa peringati Hari Kartini


 

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019