Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa mengatakan pemprov saat ini masih menunggu keputusan pemerintah lusat dan jadwal dari Istana Negara terkait rencana Presiden Joko Widodo untuk memimpin groundbreaking  pembangunan Jalan Tol Pasirkoja-Surapati Bandung atau North South Link (NS Link).

"Kalau dari laporan Direktur PT Jasa Sarana, Bu Diah S Wahyusari perkembangan rencana groundbreaking yang saat ini menunggu pengumuman resmi dari Istana Negara. Jadi nanti Istana yang akan mengumumkan langsung kapan waktunya, kami di provinsi mempersiapkan," kata Iwa Karniwa, di Bandung, Senin.

Iwa mengatakan pemerintah provinsi juga akan terus mempersiapkan regulasi dan kebutuhan-kebutuhan di lapangan bersama pihak PT Citra Marga Lintas Jabar yang akan membangun jalan tol layang sepanjang yang memiliki panjang sekitae 14 km tersebut.

"Jadi baik itu untuk regulasi dan kewenangan yang sesuai dengan kewenangan provinsi,” ujarnya.

Iwa juga memastikan kemungkinan groundbreaking akan digelar pada April ini namun mengenai waktu dan tanggalnya, pihaknya tidak berada dalam posisi memutuskan.

Dan pada awalnya Jalan Tol NS Link akan digrounbreaking pada pekan ketiga Maret 2019

"Mohon doanya semoga bulan April 2019 ini Insha Allah untuk kepastiannya (grounbreaking) yang pasti April ini, sekali lagi mohon doanya," katanya.

Menurut Iwa keputusan tentang dimulainya proyek tersebut sudah menjadi kewenangan pemerintah pusat mengingat urusan tol menjadi domain Badan Pengelola Jalan Tol atau BPJT.

Dia mengatakan persiapan dimulainya proyek fisik jalan tol tersebut sudah sangat siap.

"Dari berbagai aspek sudah siap, ini mungkin tol yang relatif cepat pelaksanaanya," kata dia.

Sementara itu,  Direktur PT Jasa Sarana, Dah S Wahyusari menambahkan pihaknya menaksir biaya konstruksi untuk seksi I Pasir Koja-Leuwi Panjang mencapai Rp1,5 triliun.

Ia menjelaskan jalan tol ini akan menggunakan teknologi elevated atau tol layang di lahan milik Pemprov Jabar dan pihaknya memastika  tidak banyak mengalokasikan anggaran untuk pembebasan lahan.

Lebih lanjut ia mengatakan Jalan Tol NS Link yang direncanakan dari Pasir Koja-Supratman diakui Sari dikehendaki untuk pindah trase ke Cicaheum terkait persoalan tol itu dikhawatirkan akan cagar budaya dan daerah hijau. 

Jalan Tol yang diprakarsai oleh PT Citra Marga Lintas Jabar yang merupakan konsorsium dari PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk , PT Wijaya Karya (Persero) Tbk , Dan PT Jasa Sarana akan mengawali groundbreaking di lahan dekat tol Pasir Koja milik PT Jasa Marga.




Baca juga: Tol Dalam Kota Bandung segera mulai


Baca juga: Jalur sepeda motor di tol dalam kota Bandung sedang dikaji


Baca juga: Bandung segera miliki tol dalam kota




 

Pewarta: ASJ

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019