Cirebon, (Antaranews Jabar) - Santri milenial dari beberapa Pondok Pesantren di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, mendeklarasikan dirinya untuk mendukung pasangan calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin dan siap memenangkannya dalam Pemilihan Presiden 2019.

"Pak Jokowi cukup peduli terhadap pesantren, terbukti beliau sangat sering bersilaturahmi ke sejumlah pondok pesantren, untuk itu kami siap memenangkan beliau," kata Ketua Santri Millenial Cirebon Rohmatusshoim di Cirebon, Minggu.

Rohmatusshoim mengatakan yang tergabung dalam kelompolnya sudah berjumlah ratusan orang dan para santri itu berasal dari sejumlah pondok pesantren yang berada di Kabupaten Cirebon.

"Yang tergabung di Santri Milenial, berasal dari sejumlah pesantren di Cirebon," ujarnya.

Menurutnya dukungan kepada Jokowi dan KH Ma'ruf Amin sangat pantas diberikan oleh para santri. Selain KH Ma'ruf merupakan kalangan pesantren, Jokowi juga sangat memiliki perhatian kepada pesantren.

Dalam deklarasi yang dibacakan didepan ribuan peserta pertemuan Forum Alim Ulama Cirebon ini, Santri Milenial Cirebon juga siap untuk ikut menangkal hoax.

Rohmatusshoim mengatakan adanya gerakan Santri Milenial Cirebon ini juga, berawal dari keprihatinan banyaknya informasi hoaks yang beredar di masyarakat. 

Baca juga: Ini permintaan Maruf Amin kepada santri Cirebon

Salah satunya, informasi yang menyudutkan para kiai, terutama pada menjelang Pilpres ini. Untuk mengimbangi informasi tersebut, Santri Milenial Cirebon ini salah berfungsi untuk menangkal informasi hoaks di masyarakat.

"Terutama informasi menyesatkan yang diberikan kepada para kiai. Kita anti hoak, sehingga kita juga ikut menangkalnya," katanya.

Dia berharap, pada pelaksanaan Pemilihan Presiden (Pilpres) ini, tidak ada lagi kampanye-kampanye dengan info hoaks dan menyesatkan. 

"Sehingga pelaksanaan pemilu presiden nanti bisa berjalan dengan aman. Salah satu tujuan kita juga yaitu, agar terciptanya pemilu yang aman dan damai," katanya.

Baca juga: Relawan Jokowi-Maaruf Ziarah ke Makam Syekh Jafar Sidiq di Garut

Baca juga: Habib Jafar dukung dan doakan Jokowi-Maruf

 

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Feri Purnama


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019