Jakarta (Antaranews Jabar) - Duta Besar Indonesia untuk Iran Octavino Alimudin mengatakan Iran berpotensi besar menjadi salah satu pasar pariwisata Indonesia di kawasan Asia Tengah.

"Data menunjukkan terjadi peningkatan yang cukup signifikan bagi turis Iran yang berkunjung ke Indonesia, Iran menjadi nomor 1 dengan jumlah kunjungan turis terbesar ke Indonesia di kawasan Asia Tengah," kata Octavino Alimudin dalam keterangan tertulis dari KBRI Teheran di Jakarta, Rabu.

Pernyataan tersebut diungkapkan Dubes Octavino Alimudin dalam pembukaan pameran pariwisata terbesar Iran (Tehran International Tourism Exhibition) 2019 ke-12, Selasa (12/2) di Teheran. 

"Keikutsertaan Kementerian Pariwisata RI dan para pelaku usaha bidang pariwisata (hotel dan biro perjalanan) Indonesia di pameran tersebut menunjukkan Iran kembali dilirik menjadi tujuan pasar pariwisata Indonesia," ujar dia.

Hal ini ditandai dengan keikutsertaan Kementerian Pariwisata RI, Pemerintah Kota Ternate dan para pelaku usaha dalam pameran yang berlangsung pada 12-15 Februari 2019. 

KBRI Teheran senantiasa mendukung setiap kegiatan terkait promosi budaya dan pariwisata Indonesia, lanjut Dubes Octavino.

Paviliun "Wonderful Indonesia" yang menampilkan kapal layar Phinisi, sangat diminati pengunjung pameran.

Baca juga: Kementan RI tawarkan hortikultura kepada Iran

Selain menampilkan destinasi wisata di Indonesia, menawarkan paket wisata dan hotel murah namun berkelas, keindahan wisata di Kota Ternate juga menjadi bagian dari Paviliun Indonesia. 

Paviliun Indonesia juga mempertunjukkan tarian tradisional Indonesia, dari Timur ke Barat, melalui Tari Tor-tor, Tari Piring, Tari Ondel-odel, Tari Glipang, Tari Mandau, dan Tari Mambo Simbo yang dibawakan oleh 3 penari. 

Tahun lalu, Indonesia juga turut berpartisipasi dalam pameran serupa di tempat yang sama. Sekitar 8 peserta pameran asing dan 470 lokal ikut serta dalam pameran tersebut.

Baca juga: Protokol karantina Indonesia - Iran segera dirampungkan untuk kemudahan ekspor

 

Pewarta: Azis Kurmala

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019