Cirebon (Antaranews Jabar) - Pemerintah Kota dan PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 3 Cirebon, Jawa Barat, sudah menyepakati untuk melakukan penataan Stasiun Prujakan dalam rangka menyambut kedatangan wisatawan ke Kota Udang.

"Kami menyambut baik rencana penataan Stasiun Prujakan, karena ini bagian penting dalam peningkatan jumlah wisatawan serta pengembangan bidang ekonomi masyarakat," kata Wakil Wali Kota Cirebon, Eti Herawati di Cirebon, Rabu.

Mnurutnya, program penataan Stasiun Prujakan sejalan dengan arah pembangunan Kota Cirebon yang siap mendatangkan jumlah wisatawan sebanyak 2 juta serta peningkatan pariwisata.

Eti melanjutkan, untuk potensi yang dimiliki PT KAI Daop 3 Cirebon dalam rangka mendatangkan pariwisata sangat besar, di mana setiap tahunnya mereka melayani pengguna jasa lebih dari 2 juta orang.

"Jumlah penumpang yang turun tahun 2018 di Stasiun Kejaksan sebanyak 2 juta dan Stasiun Prujakan 750 ribu orang. Itu bukan jumlah yang kecil sehingga ini menjadi modal bagi pengembangan pariwisata Kota Cirebon," tuturnya.

Pemerintah Kota Cirebon bersama Daop 3 Cirebon, kata Eti, sudah sepakat untuk menata terutama di sekitar stasiun, agar terlihat lebih bersih, hijau dan tertatat rapi. 

"Program tersebut dilakukan KAI dengan menata Stasiun Prujakan yang juga pintu gerbang masuk Kota Cirebon," katanya.

Sementara Kepala Daop 3 Cirebon, Tamsil Nurhamedi mengatakan akan menata lahan parkir, lingkungan Stasiun, lokasi bongkar muat barang, gudang ekspedisi dan lainnya. KAI ingin mengubah tampilan depan Stasiun Prujakan agar lebih menarik dan rapi.

"Kami akan melakukan penataan Stasiun Prujakan yang membutuhkan perhatian dalam meningkatkan pelayanan. Penataan ini juga bentuk perbaikan wajah Kota Cirebon dalam mendukung program pariwisata," katanya.

Dia berharap penataan di Stasiun Prujakan akan mengurangi penumpukan penumpang, kemacetan serta situasi terlihat tertata. "Kami masih merencanakan sebelum Idul Fitri penataan selesai," ujarnya.

Baca juga: Pemkot gandeng agen perjalanan promosikan wisata Cirebon

Baca juga: Wali Kota Cirebon: saya berhak menentukan hak politik di Pilpres


 

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019