Garut (Antaranews Jabar) - TNI Angkatan Darat (AD) memberikan bantuan pembangunan infrastruktur jalan di Desa Sukasenang, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat, sepanjang 150 meter untuk memudahkan masyarakat melakukan aktivitas sehari-hari.

"Program bantuan ini diharapkan bisa membantu mempermudah akses jalan warga untuk melakukan aktivitasnya," kata Komandan Komando Rayon Militer (Danramil) Banyuresmi, Kapten Inf H Saripin di Garut, Jumat.

Ia menuturkan, program pembangunan jalan itu bantuan dari Kodam III Siliwangi kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Garut melalui program TNI Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) 2018.

Program bantuan itu, lanjutnya akhirnya terpilih untuk pembangunan jalan desa yang menghubungkan Kampung Cikarokrok dengan Kampung Tegalkalapa dengan lebar jalan 3 meter dan ketebalan beton jalan 12 sentimeter.

"Kami dari jajaran Koramil mendapatkan perintah dari Pangdam untuk melaksanakan program BSMSS di Desa Sukasenang ini," ujarnya.

Ia menambahkan, pembangunan jalan itu dikerjakan prajurit TNI dari jajaran Kodim 0611 Garut dan Koramil Banyuresmi, dibantu masyarakat setempat secara gotong royong.

Bantuan yang diberikan TNI, kata dia bukan berupa uang, tetapi bantuan materialnya sehingga jajaran TNI dan masyarakat dengan mudah langsung mengerjakan pembangunan jalan desa tersebut.

Ia mengungkapkan, program BSMSS tersebut hampir sama dengan program TNI lainnya yakni Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD), namun bedanya dari besaran anggaran yang disediakan lebih besar TMMD.

Baca juga: Prajurit TNI perbaiki rumah rusak di Garut akibat angin kencang

Ia mengemukakan, program tersebut tidak hanya membangun jalan, tetapi ada pengerjaan pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT) sepanjang 20 meter dan pembuatan gorong-gorong sepanjang 4 meter.

"Kami berharap pembangunan jalan ini dapat menjadi kebanggaan warga," ujarnya.

Kepala Desa Sukasenang, Iwan Ridwan menyampaikan terima kasih kepada jajaran TNI yang telah menyalurkan bantuan programnya kepada masyarakat Desa Sukasenang.

Menurut dia, program tersebut sangat diharapkan warga agar dapat melakukan aktivitas dengan mudah dan lebih produktif.

"Bantuan ini sangat besar manfaatnya, transportasi warga sekarang lebih mudah," katanya.

Baca juga: Pemudik bisa istrirahat di Markas Koramil

 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019