Bandung (ANTARA News) - Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil menyerahkan berita acara penunjukan Herman Suherman sebagai Pelaksana Tugas atau Plt Bupati Cianjur di Gedung Sate Bandung, Jumat.

Emil meminta kepada warga Kabupaten Cianjur agar tidak berlebihan menanggapi penangkapan Bupati Cianjur Irvan Rivano Muchtar oleh KPK.

"Saya berharap kepada warga Kabupaten Cianjur, jangan berekspresi berlebihan, biasa saja. Saya harap jaga kondusivitas, jangan ekspresikan terlalu berlebihan, karena ada yang suka dan ngga; suka. Jadi secukupnya saja," kata Emil.

Selain itu, pihaknya juga meminta jajaran Forkominda Cianjur bisa menjaga stabilitas dan keberlanjutan pemerintahan di Kabupaten Cianjur, termasuk pelayanan publik yang harus terus berjalan.

"Insha Allah dalam waktu dekat ini, saya segera berkunjung ke Cianjur. Provinsi akan mengawal kondusivitas di Kabupaten Cianjur, semuanya dalam bimbingan gubernur dan pemprov. Segera kumpulkan ulama dan lakukan renungan, saling nasihati kenapa terjadi dan jangan terulang," katanya.

Sementara itu, Plt Bupati Cianjur Herman Suherman mengatakan walaupun sempat terjadi reaksi setelah penangkapan Bupati Cianjur oleh KPK pihaknya memastikan akan membuat kondisi kembali kondusif di Kabupaten Cianjur.

"Insya Allah semua dapat terkendali walau sempat ada riak, tapi segera teratasi. Pelayanan di lapangan berjalan biasa. Kami bersedih karena saya tahu bupati punya integritas dan agama yang bagus, selalu membina kami untuk hati-hati. Mungkin beliau lengah," katanya.

Herman telah menunjuk pejabat pelaksana tugas sejumlah pejabat Disdik Cianjur. Dia akan melanjutkan program pembangunan bupati dengan fokus pada infrastruktur dan pariwisata.


Bupati Indramayu

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Emil juga menyerahkan Formulir Berita Penunjukkan Wakil Bupati Indramayu Supendi sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Indramayu.

Supendi menggantikan Anna Sophana yang mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Bupati Indramayu 2016-2021 pada 30 Oktober 2018.

Langkah selanjutnya DPRD Indramayu harus melayangkan surat penetapan Supendi sebagai Bupati Indramayu definitif kepada Kemendagri.

"Kami tentunya menghormati keputusan Bu Anna karena ini takdir yang Ibu pilih, kami ucapkan penghargaan yang tinggi. Supaya bermanfaat, jangan tinggalkan Indramayu karena rakyat butuh bimbingan," kata Emil.

Masyarakat Kabupaten Indramayu, kata dia, harus memberikan apresiasi yang besar kepada Anna Sophana atas dedikasinya selama dua periode memimpin Indramayu.

Plt Bupati Indramayu Supendi mengatakan dirinya akan melanjutkan rencana pembangunan Indramayu yang dirancang sejak bersama Anna Sophana.

"Tentunya kami menyusun bersama. Saat saya jadi Bupati, saya wajib melanjutkan. Jadi siapapun yang akan diusulkan DPRD Indramayu sebagai wakil bupati Indramayu, Saya tidak akan mempermasalahkannya. Terpenting bisa bekerja sama," kata Supendi.

Pewarta: ASJ

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018