Bandung (Antaranews Jabar) - Pemprov Jawa Barat hingga saat ini sudah membagikan enam juta benih kopi bersertifikat kepada warga yang tergabung dalam kelompok tani,  sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan produksi dan kualitas kopi di Jawa Barat.

"Total benih kopi yang sudah dibagikan tempo hari sekitar empat juta benih, sekarang dua juta, jadi seluruhnya enam juta benih kopi," kata Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa seusai menghadiri Puncak Acara Hari Perkebunan Ke-61 meresmikan bantuan 2 juta benih kopi dan varietas tembakau unggul Jabar, di halaman Gedung Sate Bandung, Senin.

Pada acara tersebut, Sekda Jawa Barat Iwa Karniwa secara simbolis memberikan benih kopi bersertifikat kepada tiga kelompok tani, yang dilakukan secara bertahap.

Pemberian benih kopi bersertifikat oleh Pemprov Jawa Barat ini udah dilakukan sejak Gubernur Jawa Barat dijabat oleh Ahmad Heryawan atau Aher.

Menurut Iwa, Dinas Perkebunan Jawa Barat akan bertanggung jawab atau mengawasi program pemberiaan bantuan bibit kopi bersertifikat tersebut dan pihaknya berharap benih kopi yang dibagikan tersebut bisa dioptimalkan oleh masyarakat.

"Untuk berikutnya sesuai dengan permintaan dan itu ditangani dinas perkebunan dan dalam pelaksanaannya sesuai dengan permohonan dari masyarakat yang membutuhkan bibit tersebut. Sebelumnya sudah pernah, sedang kita evaluasi bagaimana produktivitasnya. Tinggal nanti dipetakan dan nanti saya minta Dinas Perkebunan melakukan evaluasi," kata dia.

Lebih lanjut Iwa mengatakan, adalah sebuah kehormatan bagi Pemprov Jabar untuk bisa menjadi tuan rumah dari rangkaian gelaran Hari Perkebunan ke-61 yang digelar di Gedung Sate.

Ia mengatakan peringatan Hari Perkebunan ke-61 yang mengambil tema Sinergi dan Akselerasi Kejayaan Perkebunan Nasional sejalan juga dengan apa yang Pemprov Jabar usahakan dalam program-program yang dikembangkan dalam rangka kolaborasi dan inovasi.

Kolaborasi dan inovasi tersebut dintaranya adalah kegiatan bantuan dua juta benih kopi kepada 12 kabupaten kota 12 kabupaten dan launching varietas tembakau unggul lokal Jawa Barat.

 

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018