Bandung (Antaranews Jabar) - Wakil Bupati Kabupaten Bandung Barat, Hengky Kurniawan, meminta badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) untuk selalu waspada dan siap siaga terhadap potensi bencana saat musim penghujan.

"Saya sampaikan ke BPBD siap payung sebelum hujan, artinya dari sisi logistik dipersiapkan, ketika bencana datang ya harus siap membantu warga," ujar Hengky di Bandung, Kamis.

Hengky mengatakan, wilayah Kabupaten Bandung Barat merupakan wilayah rawan bencana baik longsor, pergerakan tanah, hingga banjir. 

Berdasarkan data dari BPBD, dalam dua pekan terakhir sudah terjadi 22 kejadian bencana, terdiri atas 20 kali longsor dan dua kali pergerakan tanah. Kejadian itu membuat sejumlah fasilitas umum mengalami rusak ringan hingga berat.

Bahkan yang terbaru pada 20 November, ratusan rumah di Desa Cimencrang, Kecamatan Padalarang rusak akibat diterjang puting beliung.

Hengky merinci beberapa daerah yang patut diwaspadai rawan terjadi bencana seperti di wilayah Lembang, Sindangkerta, dan Gununghalu

"Kedepannya kita ingin dan sudah berjalan sosialisasi kepada masyarakat ketika nanti ada bencana seperti apa untuk menyelamatkan diri," kata dia.

Pemkab Bandung Barat pun saat ini telah mengajukan anggaran logistik untuk penanggulangan bencana yang sudah menipis.

"Kita buat pengajuan ke provinsi karena provinsi menganggarkan 50 miliar untuk perbaikan. Saya intens komunikasi dengan Pak Gubernur dan Jabar Quick Respon kalau ada kejadian-kejadian yang Pemda belum bisa membantu saya minta untuk di komunikasikan," kata dia.

 

Pewarta: Asep Firmansyah

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018