Garut (Antaranews Jabar) - Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat, telah merencanakan pengembangan destinasi wisata menyusuri sungai di wilayah selatan Garut yang akan memiliki nilai daya tarik untuk dikunjungi wisatawan.

"Di Garut ini banyak potensi sungai yang menarik untuk dikembangkan menjadi wisata," kata Wakil Bupati Garut Helmi Budiman kepada wartawan di Garut, Selasa.

Ia menuturkan wilayah selatan Kabupaten Garut terdapat banyak sungai besar yang melewati kawasan hutan, dan alirannya langsung bermuara ke laut.

Menurut dia, aliran sungai di Garut Selatan itu akan menjadi destinasi wisata baru yang menjual sebagai wisata petualangan alam bebas bagi para wisatawan.

"Seperti di Kecamatan Cibalong ada Pantai Cijeruk dan memiliki potensi sungai juga," katanya.

Ia mengatakan potensi sungai besar yang dinilai layak untuk dijadikan destinasi wisata yaitu di hutan cagar alam Leuweung Sancang, Kecamatan Cibalong yang lokasinya dekat dengan Pantai Cijeruk.

Wisatawan dapat meenelusuri aliran sungai sambil melihat langsung keindahan alam hutan, dan juga berbagai jenis tanaman, maupun pohon-pohon tua yang ada di dalam hutan.

"Jadi nanti menelusuri pantai, juga sungai sambil melihat dan menikmati jenis pohon di hutan," katanya.

Ia berharap pengembangan wisata sungai tersebut dapat menjadi salah satu penunjang objek wisata lainnya yang sudah ada di Garut sehingga membuat wisatawan berkesan.

Selain itu, lanjut dia, dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar wisata, yang akhirnya dapat mensejahterakan perekonomian masyarakat.

"Nanti akan ada multi efeknya, pengunjung bisa berwisata ke pantai, ke cagar alam dan tentunya akan tumbuh ekonomi masyarakat," katanya.

 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018