Bandung (Antaranews jabar) - Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil meluncurkan Gurilaps--aplikasi pemesanan wisata petualangan yang dirancang oleh BUMD Jabar PT Jasa Pariwisata (Jaswita) pada Festival Gedung Sate 2018 di Bandung, Sabtu.

"Gurilaps adalah aplikasi dari BUMD Jabar, PT Jaswita, agar peminat bisa mem-`booking` pariwisata `adventure`. Gurilaps itu singkatan adventure gunung, udara, rimba, wisata hutan, laut, pantai dan sungai," kata Gubernur Ridwal Kamil (Emil).

Dengan adanya aplikasi tersebut, kata dia, maka wisatawan bisa dengan mudah memilih lokasi dan kegiatan wisata petualangan di Provinsi Jabar.

"Pilih lokasi yang disuka, misalnya mau `rafting` di Sukabumi, atau di daerah Pangalengan. Pilih `rafting` yang ada di aplikasi ini, terus `booking`, bayar, setelah itu tinggal datang, tidak perlu repot lagi harus survei atau nanya-nanya," kata dia.

Dia menuturkan objek wisata petualangan yang masuk dalam aplikasi ini dipastikan sudah terverifikasi oleh pihak terkait seperti Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Barat.

Sementara itu, Direktur Utama PT Jaswita Jabar, Ade Dikdik Isnandar, menuturkan kekayaan-kekayaan potensi wisata di Jawa Barat inilah yang kemudian dikemas oleh Gurilaps.com sebagai penyedia marketplace jasa wisata yang akan memberikan kemudahan kepada wisatawan.

Kemudahan tersebut ialah dalam memilih paket wisata di Jawa Barat yang cocok dengan menghadirkan keunggulan dalam bentuk kemudahan reservasi, ketersediaan paket wisata, harga terbaik, serta kenyamanan dan keamanan saat berwisata, karena didampingi oleh pendamping wisata berpengalaman.

Semua paket wisata yang ditawarkan Gurilaps sudah dikurasi oleh Koperasi?Wanadri dan juga dilindungi asuransi dari Jasa Raharja Putera.

"Gurilaps mengajak wisatawan menjelajahi kekayaan alam di Jawa Barat bersama teman-teman atau keluarga. Gurilaps hadir sebagai Gerbang Wisata Jawa Barat yang siap membantu para wisatawan untuk mengeksplorasi beragam destinasi wisata baik gunung, rimba, laut, pantai dan maupun sungai yang sudah terkenal seantero Indonesia bahkan dunia akan keindahannya," katanya.

Aplikasi Gurilaps dapat diunduh di ponsel berbasis android atau IOS. Sesuai namanya setelah melakukan login yang dapat dilakukan melalui facebook atau google, maka pengguna dapat menjelajah beragam pilihan berwisata di gunung, udara, rimba laut, pantau dan sungai.

Ini sesuai dengan nama Gurilaps yang merupakan kependekan dari gunung udara, rimba, laut, pantai dan sungai.

Dalam aplikasi ini, kata Ade, tersedia beragam pilihan paket wisata, misalnya, berwisata Menguak Misteri Kotak Pandora di Sukabumi dengan harga Rp215.000/pax untuk satu hari dalam jelajah gunung.

Wisatawan juga dapat memilih paket `rafting` di Pangalengan dengan harga Rp375.000 per orang selama dua hari satu malam. Sebagai marketplace pariwisata, tersedia juga beragam paket wisata lain di Gurilaps, yang dapat disesuaikan dengan keinginan para wisatawan.

Lebih lanjut dia mengatakan peluncuran Gurilaps sejalan dengan keinginan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk menjadikan pariwisata sebagai lokomotif pembangunan di Jabar.

Paket wisata yang ditawarkan Gurilaps, diantaranya adalah petualangan yang memacu adrenalin hingga wisata edukasi yang cocok untuk liburan keluarga yang menyenangkan sekaligus berwawasan.

? "Gurilaps juga memiliki banyak pilihan paket kegiatan yang sangat unik dan mungkin belum pernah dirasakan berupaka kegiatan mengagumi langsung keindahan dari keragaman tempat pariwisata di Jawa Barat yang pastinya akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan seumur hidup," kata Ade.

Pihaknya menambahkan, kehadiran Gurilaps dalam bentuk aplikasi, sebagai sebuah sebuah kebutuhan mengantisipasi pesatnya perkembangan bidang teknologi informasi.

"Di saat beragam pelayanan jasa dan perdagangan sudah berlangsung secara `online`, tentunya PT Jaswita juga harus menyesuaikan yang kami respon dengan menghadirkan Gurilaps sebagai layanan smart tourism untuk para wisatawan yang akan berwisata di Jawa Barat," katanya.

Selain menawarkan beragam dan pilihan wisata sesuai dengan fungsinya sebagai marketplace wisata, Gurilaps juga menawarkan benefit lain dalam bentuk harga paket wisata yang relatif terjangkau dan kenyamanan serta keamanan saat berwisata karena adanya pendampingan dari para pemandu wisata profesional.

"Intinya melalui Gurilaps, PT Jaswita mendukung visi Gubernur Ridwan Kamil menjadikan Jabar sebagai `happy province` atau provinsi yang warganya berbahagia. Gurilap ingin mengajak agar kita semua melupakan panik dengan piknik," kata dia.

 

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018