Bandung (Antaranews Jabar) - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mendapat gelar kehormatan Doktor Honoris Causa dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung karena kontribusinya terhadap pembangunan perekonomian dan kewirausahaan Indonesia.

"Gelar Doktor Honoris Causa merupakan anugerah istimewa yang hanya diberikan kepada figur yang memiliki prestasi dan reputasi istimewa. Bapak Enggartiasto Lukita adalah sosok istimewa yang memiliki prestasi dan penuh dengan reputasi," ujar Rektor UPI, Asep Kadarohman dalam sambutannya pada acara tersebut di Bandung, Kamis.

Asep menjelaskan Enggartiasto merupakan sosok yang berpengaruh dalam perkembangan kewirausahaan di Indonesia. Atas kontribusinya banyak melahirkan usahawan-usahawan baru yang mampu membawa bangsa Indonesia semakin maju.

Kemampuan berwirausaha, kata dia, merupakan kompetensi penting yang dapat menjadi solusi dalam menghadapi era revolusi industri 4.0.

"Pendidikan kewirausahaan berpotensi untuk menumbuhkan kesadaran dan membuka wawasan terkait dengan berbagai peluang dalam berusaha serta menciptakan lapangan kerja baru terutama dalam bidang industri kreatif," katanya.

Sementara itu Enggartiasto mengaku tak pernah terpikirkan bisa mendapat gelar di kampus bekas almamaternya. Gelar tersebut, katanya, menjadi menjadi kebanggaan sekaligus amanah berat yang harus disandang.

"Konsekuensi jadi kehormatan itu tidak hanya mendapat kehormatan tanpa kita harus lebih hati-hati dalam melaksanakan berbagai tugas, karena itu adalah komitmen," kata dia.

Ia pun mengapresiasi langkah UPI karena telah membentuk suatu program studi khusus mengenai kewirausahaan, sebagai langkah maju bersaing dalam era revolusi industri 4.0.

"Menjadi pengusaha yang baik tak kalah terhormat jika dibandingkan dengan berbagai profesi yang lain. Jadi harus ada bersama-sama kita melakukan langkah perubahan dan kita mengawali dengan pendidikan," kata dia.


 

Pewarta: Asep Firmansyah

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018