Bandung (Antaranews Jabar) - Pemerintah Kota Bandung akan menyiapkan sejumlah danau retensi guna menghadapi musim kemarau panjang maupun sebagai tempat menampung air hujan agar tidak terjadi banjir.

"Mudah-mudahan dengan kolam retensi ini kita bisa menahan debit air serta menampung agar tidak terjadi kekeringan ketika musim kemarau," ujar Wali Kota Bandung, Oded M. Danial, di Bandung, Selasa.

Oded mengatakan dua danau retensi yang tengah dikebut pengerjaannya yakni di kawasan Sinaraga, Cicendo yang merupakan dekat aliran Sungai Citepus dan di kawasan Gedebage dekat masjid terapung Jabar.

Dua danau itu diharapkan mampu menahan air serta meminimalisir banjir yang kerap kali terjadi di masing-masing kawasan tersebut. Keduanya ditargetkan selesai pada akhir 2018.

"Danau retensi terus kita bangun di Citepus dan Gedebage. Semoga secepatnya bisa selesai," katanya.

Selain Sinaraga dan Gedebage, Pemkot juga berupaya untuk menambah pembuatan danau retensi lainnya. Menurut Oded, saat ini pemerintah tengah menginventarisir aset yang bisa dijadikan danau retensi.

"Kita akan upayakan menginventalisir aset Pemkot Bandung. Jika bisa dilakukan akan diperbanyak danau retensi, karena ini dibutuhkan," kata dia.

Tak hanya itu, ia juga mendorong agar masyarakat yang memiliki halaman untuk membuat sumur resapan. Sumur resapan ini bermanfaat sebagai penyimpanan air di kala kemarau, maupun musim penghujan.

"Saya juga mengajak masyarakat untuk menyimpan air di tandan di tempat masing-masing. Masyarakat yang punya tanah luas bisa dipakai untuk sumber resapan air," kata dia. 

Pewarta: Asep Firmansyah

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018