Jakarta (Antaranews Jabar) - Para habib dan ulama dari berbagai daerah di Indonesia mendukung Pasangan Calon Presiden/Wakil Presiden RI Joko Widodo/Ma'ruf Amin dengan menyampaikan deklarasi berisi enam pernyataan.

Sebanyak 33 habib dan ulama yang hadir di kediaman K.H. Ma'ruf Amin, Jalan Sitobondo, Menteng, Jakarta, Sabtu sore, menyatakan dukungannya sekaligus siap memenangkan pasangan Jokowi/Ma'ruf Amin pada Pemilu Presiden 2019.

Pertemuan para habib dan ulama dengan K.H. Ma'ruf Amin berlangsung mulai pukul 16.30 WIB. Acara ini diawali dengan doa bersama.

Hadir dalam pertemuan itu, KH Ma'ruf Amin selaku tuan rumah, Habib Zainal Abidin Bilfaqih, Habib Mahdi Al Kherid, Habib Muhammad Habibi Al Jufri, Habib Sholeh Almuhdor, KH M Zaim A. Ma'shoem, KH A. Badawi Basyir, dan KH Makmun Syukron.

"Para ulama dan habaib se-Indonesia siap memenangkan pasangan Joko Widodo/K.H. Ma'ruf Amin pada Pilpres 2019," ujar Habib Zainal Abidin Bil Faqih dari Bangil, Pasuruan, Jawa Timur.

Ia mengatakan bahwa pihaknya juga siap mendorong seluruh elemen masyarakat agar melaksanakan pemilu anggota legislatif dan Pilpres 2019 tanpa hoaks, politisasi SARA, dan politik uang.

"Saya siap mengajak jemaah dan menyampaikan kepada umat agar tetap tunduk dan patuh terhadap peraturan perundangan-undangan yang berlaku di Indonesia," katanya.

Kiai Ma'ruf menyatakan bersyukur dan berterima kasih kepada para ulama dan habaib yang mendukungnya.

Ia pun berharap para ulama dan habaib di Indonesia senantiasa berjuang mendidik umat dan menjaga bangsa ini dari berbagai ancaman.

"Di antara tugas ulama itu himayatul ummah, menjaga umat, menjaga bangsa ini agar senantiasa bersatu padu dan bersinergi untuk kemaslahatan bangsa dan negara Indonesia," ucapnya.


Deklarasi

Pada pertemuan tersebut, K.H. Ahmad Badawi dari Kudus, Jawa Tengah, membacakan deklarasi dukungan untuk pasangan Jokowi/Ma'ruf.

Berikut isi deklarasi:

Kami, ulama dan habaib se-Indonesia dengan ini menyatakan :

Pertama, siap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Kedua, siap menjunjung tinggi harkat dan martabat bangsa dengan berupaya sekuat tenaga dalam menciptakan iklim politik yang aman, sejuk, damai, serta berusaha tetap menjaga kerukunan antarumat beragama.

Ketiga, siap merawat keharmonisan hubungan antarwarga negara, bersikap toleran dan saling menghormati setiap perbedaan pilihan politik.

Keempat, siap mendorong seluruh elemen masyarakat agar melaksanakan Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif 2019, tanpa hoaks, politisasi SARA dan politik uang.

Kelima, siap memenangkan pasangan Ir. Joko Widodo/K.H. Ma'ruf Amin dalam kontestasi Pilpres 2019.

Keenam, siap mengajak jemaah dan menyampaikan kepada umat agar tetap tunduk dan patuh terhadap peraturan dan perundangan-undangan yang berlaku di Indonesia.
 

Pewarta: Riza Harahap

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018