Cianjur (Antaranews Jabar)- Seratusan peserta dari sejumlah wilayah di Jawa Barat mengikuti lomba baca puisi piala Rendra, di Bale Prayoga, Komplek Pendopo Cianjur, Jawa Barat, Sabtu.

Piala yang diperebutkan merupakan piala yang dilegitimasikan langsung WS Rendra. Dalam perlombaan tersebut, panitia membagi dua kategori kategori pelajar yang diikuti 50 peserta mulai dari tingkat SD hingga SMA/SMK dan kategori umum.

Ketua Panitia Lomba Baca Puisi Piala Rendra Cianjur, Ujang Saepudin pada wartawan menghatakan acara tersebut digagas Himpunan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia (Hima Satrasia) Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UPI Bandung.

"Lomba ini dibagi menjadi dua tahap, tahap pertama panitia akan mengambil 10 besar untuk kategori pelajar dan lima besar untuk kategori umum," katanya.

Panitia akan memperlombakan kembali peserta yang lolos ke tahap dua yang rencananya akan digelar di Bandung.

Lomba baca puisi piala Rendra tersebut digelar sebagai ruang apresiasi masyarakat dan khususnya pelajar dapat menunjang pembelajaran sastra.

"Ada beberapa kriteria penilaian dalam lomba yang digelar kali kedua di Cianjur seperti intonasi, vokal, mimik dan keutuhan puisi," katanya.

Final akan digelar di UPI Bandung, peserta yang lolos kembali akan bertanding membacakan puisi dengan hadiah piala WS Rendra.

Dia menilai minat peserta untuk membacakan puisi di Cianjur, cukup tinggi terutama dari kalangan pelajar sehingga babak penyisihan untuk kali kedua digelar di kota yang dikenal sebagai Kota Santri itu.

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018