Bandung (Antaranews Jabar) - Ribuan warga antre di Masjid Agung Raya Bandung, Provinsi Jawa Barat untuk menunggu pembagian daging kurban pada Idul Adha 1439 Hijriah, Rabu, oleh dewan kemakmuran masjid setempat.

Warga duduk berbaris membentuk barisan seperti saf shalat di dalam Masjid Raya Bandung.

Wakil Ketua Panitia Idul Kurban Masjid Raya Bandung Juju Samsudin mengatakan akan memberikan sekitar 3.000 bungkus atau paket daging kurban.

Pemotongan daging kurban oleh panitia setempat menggunakan mesin agar lebih cepat.

"Kita Insya Allah akan membagikan dua ribu sampai tiga ribu bungkus atau paket daging kurban, satu bungkus sekitar empat ons, kita pakai mesin jadi cepat," katanya.

Ia mengatakan total 16 hewan kurban, yakni sembilan sapi dan lima kambing, sedangkan pelaksanaan pembagian daging kurban mulai pukul 14.00 sampai 15.00 WIB.

Ia menjelaskan tata cara pembagian daging kurban dibuat satu saf, kemudian dibagi menjadi dua pintu keluar, pintu kanan, dan pintu kiri.

"Ya karena ini sudah berlangsung puluhan tahun, kita selalu evaluasi jadi kita sudah paham. Alhamdulillah pembagian juga aman dan tidak ada yang ricuh, kita buat per saf sekitar 100 orang dan untuk satu kloter berisi 15 saf. Warga juga sangat antusias dengan adanya pembagian kurban ini," kata Juju.

DKM Masjid Raya Bandung bekerja sama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Jawa Barat dalam proses penyembelihan hewan kurban.

Ia mengatakan dalam pemotongan daging kurban itu didapati cacing di bagian hati dan paru sehingga segera dipisahkan.

"Memang tadi ada, tapi tidak parah, ada di bagian hati dan paru, sudah kita pisahkan. Karena kita juga bekerja sama dengan dinas, sehingga ketika ada permasalahakan kita bisa sigap dan tidak menimbulkan permasalahan di masyarakat," kata dia.

Pewarta: Rangga Patria Putra

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018