Cirebon (Antaranews Jabar) - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cirebon, Jawa Barat memastikan persiapan calon haji melaksanakan rukun kelima Islam itu lancar dan bahkan visa untuk tiga kelompok terbang awal sudah turun.

"Saat ini alhamdulillah lancar dan tidak ada kendala, bahkan visa sudah turun untuk tiga kloter awal," kata Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kemenag Kabupaten Cirebon Muslim Muchlas di Cirebon, Senin.

Calon haji Kabupaten Cirebon yang akan berangkat pada musim haji 2018 berjumlah 2.411 orang.

Dari jumlah tersebut, ada empat orang yang tidak bisa berangkat karena meninggal dunia, namun ada yang juga telah digantikan oleh ahli warisnya.

"Data saat ini masih 2.411 orang yang akan berangkat, tapi ada juga beberapa yang tidak boleh berangkat, karena mempunyai penyakit, namun mereka masih ngotot ingin berangkat," ujarnya.

Muslim juga mengimbau kepada calon haji untuk terus menjaga kesehatan, apalagi saat ini cuaca di Saudi Arabia cukup terik, berbeda dengan di Tanah Air.

Apalagi, katanya, untuk calon haji yang berumur lebih dari 50 tahun, tentunya mereka harus menyiapkan kesehatan dan mental sebaik mungkin.

"Yang sekarang perlu diperhatikan itu dari segi kesehatan untuk menghadapi pola hidup di sana," katanya.

Berdasarkan data, lanjut Muslim, calon haji yang tertua berumur 90 tahun dan yang paling muda berumur 17 tahun.

"Namun rerata usia calon haji di Kabupaten Cirebon itu 50 tahun ke atas," kata Muslim.

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Isyati Putri


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018