Cirebon (Antaranews Jabar) - Forum Silaturahim Keraton Nusantara (FSKN) siap menyukseskan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang serta berharap pemerintah bisa mempromosikan keraton yang ada di Indonesia.

"FSKN menyambut gembira dan mendukung penyelenggaraan Asian Games agar sukses. Jadinya perlu dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat, pemerintah dan semua komponen bangsa," kata Ketua Umum FSKN, Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadiningrat, di Cirebon, Jumat.

Menurut Sultan Arif, Asian Games Jakarta dan Palembang merupakan momentum yang baik untuk menunjukan kepada internasional bahwa Indonesia mempunyai beragam kearifan lokal.

Seperti adanya keraton di seluruh Nusantara, kesenian, kerajinan, kuliner, budaya dan lainnya yang sudah ada sejak dahulu sampai sekarang, ini tentu perlu dipromosikan.

"Kita akan kedatangan ribuan atlet dan official dari 45 negara selama Asian Games," ujarnya.

FSKN, kata Sultan Arief juga mengajak pemerintah dalam hal ini Kemenpora untuk bekerjasama di bidang olah raga tradisional.

Karena itu, olah raga tradisioanl perlu diaktifkan kembali sebagai potensi dan jati diri bangsa Indonesia, agar tidak memudar dikikis zaman.

"Olah raga tradisional perlu dilestarikan dan diaktifkan kembali sebagai potensi dan jatidiri bangsa Indonesia," katanya.

Kaderisasi para remaja dan pemuda di bidang kesenian tradisional, adat, tradisi, budaya keraton yang hampir punah harus dilestarikan.

FSKN juga mendorong, agar wisata keraton dilestarikan dengan mewajibkan para remaja dan pemuda mengunjungi keraton yang ada di Indonesia sebelum mengenal atau berwisata ke luar negeri.

"Lebih baik mengenal budaya dan wisata kita sendiri," kata Sultan Arief.

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Isyati Putri


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018