Garut (Antaranews Jabar) - Kepolisian Resor Garut meningkatkan pengawalan pendistribusian hasil pencoblosan surat suara pemilihan kepala daerah di pelosok Kabupaten Garut, Jawa Barat, untuk memastikan aman hingga dilakukan penghitungan akhir di Komisi Pemilihan Umum.

"Kami terjunkan seluruh anggota hingga daerah yang sulit dijangkau untuk mengamankan surat suara," kata Kepala Kepolisian Resor Garut AKBP Budi Satria Wiguna kepada wartawan di Garut, Jumat.

Ia menuturkan, pengamanan pendistribusian hasil suara sudah mulai dilakukan di tingkat TPS, kemudian dikawal kembali saat didistribusikan ke panitia pemilihan kecamatan (PPK) atau ke kantor kecamatan.

Selama pendistribusian itu, kata dia, dipastikan situasi aman terkendali tidak ada hambatan yang mengganggu jalannya pelaksanaan pemilihan bupati maupun gubernur di Garut.

"Pengamanan dari TPS ke PPK dari kami sudah maksimal," katanya.

Ia mengatakan pengawalan kotak surat suara hasil pencoblosan itu penting dijaga polisi untuk memastikan dokumen negara itu aman sampai tempat tujuan.

"Insya Allah aman, karena ini dokumen sangat penting. Pengamanan tidak hanya di pelosok, tetapi akan terus ditingkatkan hingga kabupaten," katanya.

Ia memastikan semangat personel tidak akan melemah untuk menjaga dan mengamankan pelaksanaan pilkada di Garut agar berjalan lancar dan damai.

Ia mengatakan situasi dan kondisi pelaksanaan pilkada di Garut hingga saat ini berjalan aman, kalaupun muncul potensi gangguan dapat secepatnya dikendalikan.

"Situasi Garut masih kondusif. Kalaa ada riak-riak masih bisa diatasi," katanya. 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Isyati Putri


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018