Cirebon (Antaranews Jabar) - Sebanyak 35.821 unit kendaraan dari dua arah yakni Jawa Tengah maupun Jakarta melintasi Gerbang Tol Palimanan Cirebon, Jawa Barat, pada Senin atau H+3 Lebaran 2018.

"Kendaraan yang melintas di Tol Cipali melalui GT Palimanan kedua arah pada Senin ini dari pukul 06.00 sampai 14.00 WIB tercatat sebanyak 35.821 unit," kata General Manajer Operasional PT Lintas Marga Sedaya Suyitno melalui pesan yang diterima di Cirebon, Senin.

Jumlah tersebut, kata Suyitno, didominasi kendaraan yang mengarah ke Jakarta dengan 25.445 unit. Sedangkan kendaraan yang mengarah ke Jawa Tengah hanya 10.376 unit.

Menurutnya, jumlah tersebut juga meningkat 36,86 persen dibandingkan pada hari Minggu (17/6) pada jam sama dengan 26.173 kendaraan yang melintasi GT Palimanan.

"Sementara kalau dirata-rata lalu lintas mengarah Jakarta yaitu 3.181 kendaraan per jam atau 12,85 persen lebih tinggi dibandingkan tahun lalu," tuturnya.

Suyitno menambahkan untuk mengantisipasi adanya antrean kendaraan di GT Palimanan, terutama yang mengarah ke Jakarta dibuka sebanyak 16 gardu.

"Sedangkan untuk arah Jawa kami hanya membuka tujuh gardu," ujarnya.

Dia menyarankan para pengemudi untuk tidak merokok di daerah SPBU di rest area, karena sangat berbahaya dan menyebabkan kebakaran.

"Dan juga jangan berhenti atau beristirahat di bahu jalan karena bisa membahayakan diri sendiri dan pengendara lain," katanya.

"Lebih baik keluar tol untuk istirahat, isi BBM dan masuk lagi ke tol. Jika ingin menggunakan toilet dalam keadaan mendesak, bisa memanfaatkan kantor kami," kata Suyitno lagi.

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Isyati Putri


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018