Garut (Antaranews Jabar) - Kepolisian menyampaikan hari keempat sebelum Lebaran Idul Fitri 1439 Hijriah arus mudik di jalur nasional lintas Kabupaten Bandung-Garut, Jawa Barat, lancar, bahkan lebih lancar dibandingkan hari sebelumnya.

"Lebih landai dari kemarin (Minggu)," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Garut AKP Erik Bangun Prakasa di Garut, Senin.

Ia menuturkan, tidak ada laporan kemacetan arus lalu lintas di jalur selatan Jabar di wilayah perbatasan Bandung-Garut mulai Limbangan sampai Malangbong, maupun jalur Kadungora-Leles.

Namun hambatan kecil, kata dia, hanya terjadi di kawasan Limbangan akibat banyaknya aktivitas masyarakat sekitar Pasar Limbangan, namun kondisi tersebut masih dapat terkendali dengan baik. "Masih Pasar Limbangan (hambatan jalur)," ucapnya.

Seorang pemudik yang menggunakan sepeda motor, Andrian mengatakan, selama perjalanan dari Bekasi hingga ke Bandung arus lalu lintas lancar tidak terjadi kemacetan parah seperti tahun sebelumnya.

Ia yang hendak mudik ke Yogyakarta itu mengatakan, hambatan laju kendaraan hanya terjadi di Kota Cimahi dan Cileunyi, daerah lainya normal.

"Tadi di Cimahi sama Cileunyi yang cukup padat, sisanya lancar," katanya.

Menurut dia, perjalanan mudik tahun ini dari Bekasi-Bandung lebih cepat yakni hanya enam jam, dibandingkan tahun sebelumnya mencapai 10 jam.

Musim mudik tahun lalu, kata dia, banyak ditemukan titik kemacetan sehingga laju kendaraan cukup lambat dan memakan waktu lebih lama.

"Tahun lalu bisa sampai 10 jam dari Bekasi ke Bandung, sekarang lebih lancar," imbuhnya.

Ia menambahkan, prediksi sebelumnya akan terjadi kemacetan di Nagreg menuju Garut, ternyata salah, jalur utama selatan Jabar tersebut justru lebih lancar karena jalannya besar.

"Dulu Nagreg jadi titik macet, sekarang lancar," katanya.


 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018