Cirebon (Antaranews Jabar) - Lembaga Pendidikan (LP) Maarif Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, akan menggelar Tadarus Pendidikan dalam rangka menangkal paham radikalisme di sekolah.

"Kegiatan yang akan kami gelar bertujuan untuk merumuskan solusi dan program-program konkret berkelanjutan guna menghalau pemahaman radikal di sekolah-sekolah," kata Ketua Lembaga Pendidikan (LP) Maarif Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Cirebon, MF Fahrurrozi di Cirebon, Sabtu.

Dia mengatakan sejumlah hasil survei menunjukkan bahwa benih-benih radikalisme tanpa disadari telah menjalar ke usia remaja generasi masa depan.

Misalnya, Maarif Institute yang merilis hasil penelitian bahwa pemahaman radikalime sudah masuk ke sekolah-sekolah lewat kegiatan ekstrakurikuler.

"Kegiatan ekstrakurikuler terbukti menjadi pintu kelompok radikal untuk menyasar siswa, karena kegiatan ekstrakurikuler melibatkan pihak selain sekolah," ujarnya.

Selain itu kata Fahrurrozi, data Wahid Foundation menyebutkan, bahaya paham radikalisme tumbuh dari kegiatan Kerohanian Islam (Rohis) di institusi pendidikan.

Bahkan, hasil survei Wahid Foundation yang dipublikasikan awal 2017 dengan responden aktivis Rohis, terungkap data bahwa 60 persen dari mereka siap berjihad di wilayah konflik agama.

"Jika kondisi ini diabaikan, maka pemahaman radikal bisa menjadi bom waktu di masa depan," tuturnya.

Karenanya, kata dia dibutuhkan peran aktif sejumlah pihak terutama para pengambil kebijakan dalam membendung arus pemahaman radikal di sekolah.

Dan sebagai lembaga yang bergerak di bidang pendidikan Islam, LP Maarif PCNU Kabupaten Cirebon akan menggelar Tadarus Pendidikan.

"Karena LP Maarif juga memiliki kewajiban dalam upaya menjawab tantangan pendidikan Islam," katanya.

Tadarus Pendisikan kata Fahrurrozi, akan dihadiri sejumlah tokoh sebagai pemantik dalam tadarus pendidikan itu. Di antaranya, Kepala Disdik Kabupaten Cirebon, Asdullah Anwar, Kepala Kemenag Kabupaten Cirebon, Mujayin, Praktisi Pendidikan, KH Nukhbatul Mankhub, Ketua Lakpesdam PCNU Kabupaten Cirebon, Rosyidin dan Komandan Densus 99 Banser, M Nuruzzaman.

"Kegiatan itu rencananya akan digelar di Kafe Moza, Jl R Dewi Sartika, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Jumat (8/6) mulai pukul 13.00 WIB," katanya lagi.
 

Pewarta: Khaerul Izan

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018