Cirebon  (Antaranews Jabar) - Dua hari ke depan wilayah Cirebon, Jawa Barat,  berpotensi diguyur hujan mulai dari pagi hingga malam dengan intensitas ringan sampai sedang, kata Prakirawan Cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jatiwangi Majalengka.

"Wilayah Cirebon masih ada potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang sampai tanggal 21 Mei," kata Prakirawan Cuaca BMKG Jatiwangi, Majalengka, Ahmad Faa Iziyn di Mejalangka, Minggu.

Menurut Faa Iziyn Kota dan Kabupaten Cirebon serta Majalengka pada pagi dan malam hari akan turun hujan intensitas ringan, sementara untuk siang dan dini hari berawan.

Sedangkan untuk di Kabupaten Indramayu hujan akan mengguyur pada pagi, malam dan dini hari, dengan intensitas ringan, untuk siang harinya berawan.

"Sementara untuk Kabupaten Kuningan hujan akan terjadi pagi dan siang hari," tuturnya.

Faa Iziyn menjelaskan dari keterangan BMKG Pusat, meskipun pada pertengahan bulan Mei, wilayah Cirebon sudah memasuki awal musim kemarau, akan tetapi masih ada hujan  dipicu oleh adanya pusat tekanan rendah di sekitar Samudra Hindia perairan barat Sumatera.

Selain itu juga sirkulasi siklonik di Selat Karimata serta indikasi aktifnya aliran massa udara basah dari Samudera Hindia sebelah barat Sumatera yang masuk ke wilayah Indonesia bagian barat dan tengah.

"Kondisi tersebut memberikan pengaruh terhadap pola cuaca dalam meningkatkan supplay uap air yang berkontribusi pembentukan dan pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia bagian barat dan tengah, termasuk di wilayah Cirebon," ujarnya.

Dia menambahkan untuk masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan oleh cuaca seperti itu. 

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018