Bandung  (Antaranews Jabar) - Pasangan Nurul Arifin-Chairul Yaqin Hidayat (Ruli) akan menyiapkan program 100 tempat penitipan anak yang tersebar di Kota Bandung apabila terpilih dalam Pilwalkot Bandung.

"Dari saya pribadi sebagai  seorang ibu melihat kebutuhan masyarakat perkotaan khususnya perempuan pekerja. Karena biasanya perempuan pekerja ini tidak bisa menitipkan anaknya karena ketidakmampuan untuk membayar baby sitter, misalnya, kemudian tidak ada keluarga yang bisa dititipi," ujar Nurul di Bandung, Senin.

Nurul mengatakan, dari data yang ia peroleh, saat ini setidaknya terdapat 45 juta pekerja perempuan di Indonesia. Jumlah perempuan pekerja di kota besar turut berkontribusi tinggi pada perkembangannya, termasuk Kota Bandung.

Berkaca pada angka tersebut, maka sudah menjadi kewajiban pemerintah dalam menyiapkan tempat penitipan anak. Di satu sisi, ia pun akan terus membuka keran penyetaraan akses bekerja bagi seluruh warga.

"Kesetaraan ini tengah berjalan. Wanita mulai mengisi pos-pos pekerjaan formal dan informal. Tetapi mereka membutuhkan tangan negara untuk dapat menjadi survival, menyintasi waktu sekaligus melintasi perjuangan hidup di Kota Bandung," katanya

Selain itu, apabila ia terpilih, setiap perkantoran maupun mall wajib menyediakan tempat penitipan anak atau tempat yang khusus bagi perempuan menyusui.

"Sebetulnya ini persoalan yang bisa diatasi bersama-sama. Masalahnya, ada keinginan atau tidak? Kalau saya nanti akan mengharuskan di setiap perkantoran, pertokoan, mall harus ada daycare," katanya.

Nurul pun menjamin para pengasuh yang mengisi daycare itu merupakan hasil seleksi dari yang terbaik. Dengan begitu, orang tua atau pekerja bisa tenang melanjutkan aktivitasnya bekerja.

"Penitipan anak ini harus ada fasilitas bermain, kemudian ada tenaga pendamping atau tenaga pengasuhnya. Sebetulnya ini tergantung kecerdasan dan kepedulian kita lah, kalau yang terasa ngurus anak, kan ibunya," katanya. 

Pewarta: Asep Firmansyah

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018