Bandung (Antaranews Jabar) - Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (Rindu) berfoto bersama, di Kota Bandung, Jumat, untuk kepentingan Pilgub Jawa Barat 2018,

"Foto bersama ini dilakukan untuk membangun `chemistry` antara saya dengan Kang Emil, jadi upaya untuk membangun keakraban," kata Uu Ruzhanul Ulum.

Ridwan Kamil dan Uu beserta masing-masing istri terlihat menikmati sesi foto ini dan tak hanya berfoto biasa, mereka menyertakan sejumlah aksesoris serta tiga busana yang berbeda.

Pertama, mereka memilih tema budaya dengan menggunakan dua pakaian adat khas Sunda yang berbeda.

Sedangkan pada tema kedua, mereka memilih pakaian modern yang dilengkapi aksesoris alat musik, yakni biola dan saxophone.

Uu mengatakan meski selama ini dirinya mengaku cukup intens berkomunikasi dengan Emil, namun keakraban keduanya perlu ditingkatkan lagi.

Terlebih, Uu menyadari betul pentingnya hubungan emosional saat mereka dipercaya memimpin pemerintahan.

"Foto bersama Kang Emil dan istri. Agar semakin akrab keluarga kita dengan keluarga Kang Emil. Semakin terbangun hubungan emosional," kata Uu.

Dia mencontohkan, selama ini hubungan istrinya dengan istri Emil belum berjalan lama mengingat pasangan calon ini tergolong baru `disatukan`.

"Biasanya istri saya ketemu istri Kang Emil hanya di acara PKK. Makanya sekarang harus terus dibangun," katanya.

Ketika disinggung terkait pemilihan tema musik dalam sesi foto tersebut, menurutnya hal ini sebagai wujud rasa cinta keduanya terhadap seni.

"Saya dan Kang Emil ini mencintai seni, kalau menurut saya setiap pemimpin harus memiliki jiwa seni agar mampu menjalankan roda pemerintahan dengan baik," kata dia.

"Kalau tidak memiliki jiwa seni, itu kaku dalam kepemimpinan. Marah-marah, pelotot-pelotor, tunjuk-tunjuk. Tapi Kalau memiliki jiwa seni, itu kan indah," katanya.

Mencintai seni pun, lanjut Uu, sebagai bentuk pengamalan keyakinan agamanya. "Allah itu indah, dan menyukai suatu keindahan," katanya.

Lebih lanjut Uu menceritakan pengalaman menariknya saat sesi foto tersebut.

"Saya tadi disuruh mingkem. Sementara saya kalau difoto enggak bisa mingkem, selalu senyum. Akhirnya pengarah gayanya membebaskan saya untuk berekspresi, untuk senyum-senyum," kata dia.

Pewarta:

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018