Tidak terasa kita sudah sampai lagi di penghujung tahun 2017, saat yang cukup dinantikan untuk menghabiskan watu bersama saudara dan kerabat yang kita cintai untuk menghabiskan liburan akhir tahun bersama. Banyak aktivitas yang bisa kita lakukan untuk mengisi malam pergantian tahun atau liburan panjang di akhir tahun ini, mulai dari berwisata, makan bersama, berbelanja hingga mungkin hanya sekedar membaca buku atau menonton film di rumah. Semuanya dilakukan dengan santai dan bahagia menyambut harapan-harapan baru dan resolusi di tahun mendatang.

Tentu kita semua sepakat bahwa momen membahagiakan di akhir tahun ini jangan sampai terganggu oleh kejadian-kejadian tertentu yang sebenarnya masih bisa kita hindari. Salah satunya berkaitan dengan aktivitas yang erat kaitannya dengan penggunaan tenaga listrik. Banyak sekali kegiatan dan aktivitas di sekitar kita yang sangat bergantung pada aliran listrik, namun jangan sampai listrik menjadi malapetaka atau merugikan kita semua bila tidak dipergunakan dengan baik.

Adapun yang harus diperhatikan pelanggan PLN di momen Liburan Akhir Tahun ini antara lain :

1). Ketika cuaca sedang hujan dimohon pelanggan untuk menjauhkan alat elektronik dan instalasi listrik dari potensi terkena air yang dapat mengakibatkan tersetrum. Pantau langit-langit rumah, saluran air dan jangan sampai ada genangan yang teraliri listrik.

2). Tidak bermain kembang api, petasan, dan sebagainya di sekitar jaringan dan instalasi listrik karena berpotensi mengakibatkan kebakaran. Terutama diarahkan anak-anak untuk tidak bermain-main dengan benda tadi di sekitar instalasi listrik.

3). Bila pelanggan akan berlibur atau meninggalkan rumah dalam jangka waktu yang lama, pastikan seluruh alat elektronik telah tercabut dari stop kontak. Karena alat elektronik yang masih tersambung stop kontak berpotensi menyebabkan korsleting listrik.

4). Pastikan anak-anak tidak bermain layang-layang di sekitar jaringan listrik karena cukup mengganggu aliran listrik di sekitar jaringan tersebut.

5). Jauhkan stop kontak dengan arus listrik yang aktif terutama untuk balita dan anak-anak ketika bermain dan beraktivitas.




Dokementasi. Petugas PLN memeriksa meteran listrik sebagai upaya pencegahan korsleting listrik.


advertorial

Pewarta: tim

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017