antarajabar - Seorang pelukis muda dari Kampung Pelukis yakni Kampung Jelekong Kabupaten Bandung, Iman Budiman, memberikan hadiah lukisan kepada Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

Iman menitipkan lukisan wajah Muhaimin Iskandar berukuran sekitar 120X70 cm kepada Anggota DPR RI Cucun Syamsurijal, yang sedang menghadiri dialog bertema Islam Nusantara di Sanggar Pelukis Jelekong, Kabupaten Bandung, Sabtu.

Iman menuturkan bahwa maksud dari pemberian lukisan tersebut sebagai simbol harapan dari dirinya sebagai warga Kampung Jelekong yang ingin menitipkan visi kebudayaan Jelekong kepada Muhaimin Iskandar.

"Secara pribadi, saya melihat beliau (Muhaimin Iskandar) masih muda, saya sebagai pemuda beranggapan kalau beliau juga mempunyai visi yang sama, termasuk dalam pengembangan kesenian dan kebudayaan," kata dia.

Dengan lukisan tersebut Iman ingin mengatakan bahwa seniman banyak berharap kepada Muhaimin untuk bisa lebih memperhatikan nasib para pelaku seni dan budaya di Kampung Jelekong khususnya dan Indonesia pada umumnya.

"Harus diingat bahwa aspek budaya merupakan salah satu pemersatu bangsa dan saya yakin kalau beliau sebagai salah satu pemimpin muda, mempunyai visi yang sama dengan visi Jelekong yakni martabat satu negara dapat diukur dari budayanya," paparnya.

Sementara itu, Cucun Ahmad Syamsurijal menjamin lukisan titipan dari seniman Jelekong tersebut akan sampai kepada Muhaimin Iskamdar.

"Insyaallah saya siap memfasilitasi aspirasi melalui karya seni ini untuk diberikan kepada Cak Imin," ujarnya.

Dia mengatakan terkait harapan para seniman di Kampung Jelekong, kata Cucun, selama ini Muhaimin Iskandar cukup konsen dalam keberagaman seni budaya.

"Cak Imin sendiri merupakan orang yang paham akan sejarah berdirinya Islam di Indonesia," kata dia.

"Beliau selalu mengatakan bahwa penyebaran Islam oleh walisongo melalui pendekatan seni dan budaya, jadi Insyaallah pesan dari seniman Jelekong ini akan disambut baik," kata dia.

Pewarta:

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017