antarajabar - Tim gabungan dari Badan Pengatur Jalan Tol, Kementerian Perhubungan, Dishub Jawa Barat dan Polda Jawa Barat telah melakukan uji laik terhadap Jalan Tol Soreang Pasirkoja (Soroja) beberapa waktu lalu hasilnya tol tersebut laik digunakan.

"Hasil kajian dari tim berjalan lancar. Hasil kajiannya, positif ya. Hasil kajian cukup bagus. Tak ada catatan dan sudah laik digunakan," kata Sekda Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa, di Bandung, Jumat.

Dia menuturkan karena sudah dinyatakan laik digunakan maka sekarang Pemprov Jabar tinggal menunggu jadwal  Presiden Joko Widodo dan diharapkan peresmian jalan tol ini akan dilakukan langsung oleh presiden.

"Kami memperkirakan peresmiannya akan dilakukan pada akhir November ini. Mudah-mudahan semuanya lancar," katanya.

Sementara itu terkait progres pembangunan, Iwa mengatakan berdasarkan laporan yang diterimanya progres pembangunan jalan tol sepanjang 10,5 Km telah mencapai persen.

Untuk sisa pembangunan yang belum diselesaikan, lanjut Iwa, hanya menyangkut finishing marka jalan, PJU, pintu, dan beberapa penyelesaian lainnya termasuk drainase.

"Namun secara umum struktur sudah selesai 100 persen jadi siap diresmikan. Karena, yang belum hanya hal-hal yang sifatnya tambahan kalau secara keseluruhan sudah lancar," kata Iwa.

Sebelumnya, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Kementerian Perhubungan, dan Polda Jawa Barat melakukan uji laik fungsi terhadap Jalan Tol Soreang-Pasirkoja (Soroja) Bandung pada Kamis dan Jumat, tanggal 16-17 November 2017.

"Sebelum diresmikan, BPJT, Kemehub dan Polda Jawa Barat akan melakukan uji laik fungsi terlebih dahulu sehingga ada standarisasi bahwa jalan tol ini memang laik," kata Dirut PT Citra Marga Lintas Jabar Bagus Medi Suarso.

PT Citra Marga Lintas Jabar selaku pengelola dan investor Jalan Tol Soroja, kata dia, dapat memastikan dalam beberapa pekan ke depan sudah tidak ada lagi pengerjaan apapun di tol tersebut.

Pewarta:

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017