antarajabar - Kota Bandung kembali meraih penghargaan sebagai Kota Smart City dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Republik Indonesia dalam acara malam penghargaan Gerakan Menuju 100 Smart City 2017.

Wakil Wali Kota Bandung, Oded M Danial melalui siaran persnya di Bandung, Kamis, mengatakan, penghargaan yang kembali diterima oleh Kota Bandung merupakan hasil dari kerja keras semua pihak yang mendukung segala terobosan teknologi berbasis aplikasi di Kota Bandung.

"Ini semua berkat kerja keras bersama baik Pemerintah Kota Bandung, maupun masyarakat Kota Bandung yang mendukung penuh sistem berbasis aplikasi, seperti aplikasi untuk membantu orang sakit yaitu layat rawat," ujar Oded.

Kota Bandung masuk dalam 24 Kota/Kabupaten yang terpilih ditahap pertama Gerakan Menuju 100 Smart City dan berhasil menyusun masterplannya.

Di dalam smart city masterplan ini, setiap kota/kabupaten harus memanfaatkan teknologi secara maksimal dalam meningkatkan pelayanan masyarakat maupun mengakses potensi yang ada di masing-masing daerah.

"Saya bersama-sama dengan Wali Kota Bandung terus memberikan arahan kepada seluruh dinas-dinas untuk selalu fokus dalam membangun Kota Bandung ke arah yang lebih baik dengan semangat smart city. Sehingga kita dapat mempertahankan bahkan meningkatkan prestasi yang sudah di raih oleh Kota Bandung," kata dia.

Oded menjelaskan salah satu komponen terpenting dalam semangat smart city ialah adanya kolaborasi antara seluruh masyarakat Kota Bandung dengan Pemerintah Kota Bandung. Sehingga Pembangunan yang ada dan akan dilakukan akan cepat terlaksana, sehingga dapat dinikmati oleh masyarakat sendiri.

Ia berharap penghargaan tersebut menjadi semangat bagi Kota Bandung untuk menghasilkan gagasan-gagasan baru dan meningkatkan sistem smart city untuk memudahkan segala pelayanan bagi masyarakat.

"Yang harus digarisbawahi, salah satu komponen terpenting dalam mewujudkan semangat smart city ialah harus adanya kolaborasi dan kerjasama antara seluruh lapisan masyarakat dan Pemerintah Kota Bandung. Jadi Pembangunan yang terus kita lakukan dapat secepatnya dinikmati oleh masyarakat Kota Bandung," katanya.

Pewarta: Asep Firmansyah

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017