Antarajabar.com - Jalan alternatif penghubung tiga Desa di Kecamatan Cibeber, Cianjur, Jawa Barat, amblas sedalam sepuluh meter, akibatnya aktifitas warga sekitar terhambat.

Babinkamtibas Desa Cimanggu, Yudha.Y.S saat dihubungi, Senin, mengatakan, informasi jalan amblas pertamakali diketahui warga pengguna jalan yang hendak melintas. Mereka menyebutkan jalan yang amblas menghubungkan Desa Cimangu, Desa Cibadak dan Desa Girimulya.

"Kami langsung croscek ke lokasi dan mendapati jalan amblas hampir setengah bahu jalan diperkirakan kedalamannya sampai sepuluh meter, sehingga tidak dapat dilalui kendaraan," katanya.

Dia menjelaskan, meskipun dapat dilalui kendaraan roda dua, namun pihaknya mengimbau warga untuk ekstra hati-hati karena ditakutkan amblasnya jalan tersebut terus meluas.

"Amblasnya jalan tersebut selang beberapa saat setelah hujan deras berhenti menguyur wilayah tersebut. Kami mendapat laporan Jalan Desa Cimanggu, Kampung Bolang-Pasir Ibrahim, sepanjang satu kilometer yang baru selesai dirabat beton amblas," katanya.

Sementara Sekertaris Desa Cimanggu, Dendi Setiawan menambahkan, akibat amblasnya jalan tersebut, kendaraan roda empat tidak dapat melintas, sehingga harus memutar ke Jalan Desa Cibadak tembusnya ke Kampung Ereng yang lebih jauh.

"Kami sudah melaporkan kejadian tersebut ke pihak kecamatan agar segera dilaporkan ke dinas terkait dan BPBD Cianjur agar secepatnya meninjau kelokasi dan dilakukan penanganan karena ambrolnya sudah setengah bahu jalan dan terancam putus," katanya.

Saat ini, pihaknya bersama aparat desa, menempatkan warga untuk mengatur dan mengigatkan warga yang melintas agar ekstra hati-hati dan menghentikan kendaraan jika hujan turun deras, guna menghindari korban jiwa jika amblasnya jalan terus meluas.

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017