Antarajabar.com - Puluhan guru kesenian dari tiga negara; Indonesia, Malaysia, dan Singapura, menggelar pameran lukisan karya mereka di Bandung, 28 September - 4 Oktober sebagai bagian dari Seni Budaya Rumpun 3 Negara.

"Kami mempersiapkan ini bersama-sama setelah kewajiban sebagai pengajar beres," kata ketua pelaksana kegiatan itu Muhamad Muhtar di Bandung, Kamis.

Kegiatan yang akan digelar di Gedung Yayasan Pusat Kebudayaan (YPK) Bandung itu merupakan kali kedua setelah yang pertama digelar di Malaysia pada 2015.

Menurut panitia, sebagai pendidik, guru itu dituntut kreatif sepanjang masa dan mesti bisa "unjuk kabisa" atau unjuk karya.

Disebutkan, berpameran adalah wujud keteladanan sebagai pendidik seni rupa dan diharapkan bisa memotivasi para siswa.

Latar belakang itulah, antara lain, yang menjadikan puluhan guru yang tergabung dalam Persatuan Guru Pelukis Bandung menjalani semua itu dan dengan segala keterbatasan waktu, kemampuan, dan keuangan menjalin kerja sama dengan guru-guru dari negara serumpun.

Program Rumpun 3 Negara itu lebih menitikberatkan pada program pertukaran informasi mengenai perkembangan kekaryaan serta eksistensi pendidik seni rupa dan seni budaya di tiap negara.

Selain menggelar pameran lukisan, acara itu juga mengadakan workshop mural.


Pewarta:

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017