Antarajabar.com -Tiga keraton yang berada di Cirebon, Jawa Barat, menjadi tuan rumah dalam pargelaran Festival Keraton Nasional (FKN) ke-XI, 15-19 September.

"Tiga keraton Cirebon, yaitu Kasepuhan, Kanoman dan Kacirebonan, ditambah Taman Air Gua Sunyaragi siap untuk menjadi tempat festival," kata Sultan Keraton Kasepuhan, Sultan Sepuh XIV Pangeran Raja Adipati Arief Natadiningrat di Cirebon, Senin.

Perhelatan yang mengumpulkan seluruh kesultanan yang berada di Nusantara itu akan mengadakan berbagai pertunjukan seni dan budaya.

Terutama seni dan budaya yang bercirikan dengan keraton yang tersebar di Nusantara. Dimana sebanyak 50 Keraton peserta dan 100 Keraton peninjau akan mengikuti FKN.

"Kalau Keraton peserta yang akan ikut ada 50 dan sebagai peninjau 100 keraton,"tuturnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (DKOKP) Kota Cirebon, Dana Kartiman menambahkan pada FKN ke-XI ini, akan ditampilkan beberapa pagelaran kesenian dari berbagai keraton, pameran benda pusaka dan lainnya.

"Selain pamaeran juga akan dilaksanakan kirab agung prajurit keraton Se-Nusantara XI nantinya,"katanya.

Dana berharap dengan adanya FKN yang digelar di Cirebon bisa menarik wisatawan untuk datang menyaksikan keragaman budaya ini.

Karena kata Dana FKN itu tidak datang setiap tahun dan kali ini adalah kesempatan untuk melihat dan menyaksikan seni budaya dari berbagai penjuru Nusantara.

"Adanya FKN ini diharapkan bisa menyedot wisatawan untuk datang ke Cirebon," katanya lagi.

Pewarta: Khairul Izan

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017