Antarajabar.com - Kantor Bank Indonesia Jawa Barat memberikan bantuan beasiswa pendidikan bagi 100 mahasiswa dari empat perguruan tinggi negeri di Kota Bandung sebagai upaya meningkatkan partisipasi pendidikan dan indeks pembangunan manusia di Jabar.
        
"Perguruan Tinggi sebagai satuan pendidik merupakan komponen strategis dalam sistem pendidikan nasional guna mempersiapkan dan mencetak SDM yang tangguh, terampil, kompeten, kreatif dan inovatif," kata Kepala BI Jabar Wiwiek Sisto Widayat saat pemberian beasiswa di Kantor BI Bandung, Kamis.
        
Ia mengatakan, beasiswa sebesar Rp1 miliaran itu diberikan kepada 40 mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), 40 mahasiswa Universitas Islam Negeri Bandung, 10 mahasiswa ITB, dan 10 mahasiswa Unpad.
        
Sedangkan besaran beasiswa yang didapat masing-masing mahasiswa, kata dia, untuk reguler sebesar Rp750 ribu/bulan dan untuk beasiswa unggulan sebesar Rp1,5 juta/bulan.
        
"Program Beasiswa BI tidak hanya mendukung biaya pendidikan, tunjangan studi maupun biaya hidup, namun penerima beasiswa BI juga akan diwadahi sebuah komunitas yang disebut dengan Generasi Baru Indonesia (Genbi) yang akan mendapatkan berbagai pelatihan," katanya.
        
Ia menjelaskan, Genbi merupakan sebuah komunitas yang terdiri dari mahasiswa penerima beasiswa dari Bank Indonesia.
        
Bank Indonesia, kata dia, mendukung segala bentuk kegiatan yang dapat meningkatkan kapasitas dari Genbi dalam bidang pendidikan sesuai dengan bidang keilmuan yang didalami, minat dan bakat, sosial dan kemasyarakatan.
        
Tujuan program beasiswa BI, kata dia, untuk meningkatkan angka partisipasi pendidikan tinggi, indeks pembangunan manusia, meningkatkan motivasi belajar serta menjamin keberlangsungan studi mahasiswa.
        
"Khususnya bagi yang mempunyai potensi akademik serta meningkatkan prestasi mahasiswa dalam bidang akademik atau non akademik," katanya.
        
Pemberian beasiswa itu bersamaan dengan pelantikan dan edukasi kepada Genbi Bandung 2017 dengan tema "Karya Nyata Bank Indonesia di Setiap Makna Indonesia melalui Sinergitas Kepemimpinan Genbi".
         
Materi pembekalan yang akan diberikan kepada Genbi terutama materi kebanksentralan dan pembentukan dasar kepemimpinan.
        
Mahasiswa yang tergabung dalam Genbi akan dibekali wawasan atau pengetahuan tentang tugas, peran, dan fungsi BI sebagai bank sentral, Financial Technology (Fintech), ciri-ciri keaslian uang rupiah, serta public speaking, leadership dan entrepreneurship.
        
"Diharapkan pogram kerja yang baru dapat memberikan manfaat, kontribusi positif dan perubahan kearah yang lebih baik, tidak hanya bagi komunitas Genbi, tetapi juga bagi komunitas yang lebih besar cakupannya," katanya.
    

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017