Antarajabar.com - Wakil Wali Kota Bandung Oded M Daniel meresmikan Rumah Singgah Pasien untuk warga yang tak mampu di Jalan Jurang No 37, Kota Bandung, Selasa.
        
"Luar biasa kenapa bisa-bisanya IZI (Inisiatif Zakat Indonesia) ini memiliki inisiatif untuk membangun rumah singgah seperti ini yang saya sendiri tidak terpikirkan," kata Oded, Selasa.
        
Rumah Singgah Pasien untuk warga tak mampu tersebut adalah yang pertama di Kota Bandung warga tak mampu dan yang tak tertampung dirumah sakit.
        
Oded menuturkan Rumah Singgah Pasien ini juga bisa untuk menampung pasien-pasien rujukan dari luar Kota Bandung yang belum tertampung.
        
"Fungsinya ini untuk menampung setiap pasien-pasien yang datang ke Kota Bandung tetapi mereka belum  kebagian tempat," kata dia.
        
Sementara itu, Direktur Pendayagunaan Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) mengatakan tujuan dibangun Rumah Singgah Pasien ini adalah untuk menjawab permasalahan membludaknya jumlah pasien di rumah sakkit sehingga banyak yang tak mendapatkan tempat.
        
"Sebelumnya kami telah melakukan survei sejumlah daerah Jawa Barat yang rumah sakitnya sudah padat pasien. Setelah melihat kondisi, jumlah pasien di RS Hasan Sadikin sudah tidak lagi tertampung," kata dia.
        
"Maka ini menjadi alasan kami untuk melaunching RSP (Rumah Singgah Pasien) di Kota Bandung, membantu pasien khususnya yang tidak mampu untuk kami bantu menyembuhkan penyakitnya," kata Nana Sudiana.
        
Ia menambahkan, RSP di Kota Bandung merupakan rumah singgah pasien ke-enam yang dibangun pihaknya setelah sebelumnya hadirkan  di Jakarta, Semarang, Makasar, dan Yogyakarta.

Pewarta: Ajat Sudrajat dan Iqbal Jaya Chasbi

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017