Antarajabar.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan dalam waktu enam bulan ke depan, toko Little Bandung akan hadir di Kota Cuenca, Ekuador, yang berisi produk-produk usaha kecil dan menengah (UKM) buatan asli masyarakat Kota Kembang.
        
"Kita sudah ada tokonya, kita tinggal membawa kontainer yang berisi berbagai produk Bandung," ujar Wali Kota Bandung Ridwan Kamil di Pendopo Kota Bandung, Senin.
        
Pria yang akrab disapa Emil ini menuturkan, dengan hadirnya toko Little Bandung ini sebagai bentuk ikatan kerja sama "Sister City" dengan negara sahabat di Amerika Latin.
        
Nantinya, Pemkot Bandung bersama Kota Cuenca juga akan menjalin berbagai kerja sama seperti kebudayaan, lingkungan, hingga ekonomi dan perdagangan.
       
"Jadi kemana pun saya pergi ke luar negeri pasti selalu berakhir dengan negosiasi pembukaan UMKM-UMKM Bandung di dunia," kata dia.
        
Dengan adanya kerja sama tersebut menambah daftar panjang kota di luar negeri yang menjadi sister city bagi Kota Bandung.
        
Beberapa kota yang sudah menjadi sister city di antaranya Seoul dan Suwon di Korea Selatan, Kawasaki, Hamamatsu, dan Toyota City di Jepang, Petaling Jaya di Malaysia, Cotabaco di Filipina masih ada beberapa kota lainnya.
   
Sementara itu Kepala Sub Bagian Kerja Sama Luar Negeri Sekretariat Daerah Kota Bandung, Bariati Ratna Aju mengatakan kerja sama tersebut mengacu pada karakteristik kedua kota yang hampir mirip, baik dari sisi banyaknya bangunan heritage, kreativitas, hingga pengelolaan persampahan.
        
"Akan ada penandatanganan Letter of Intent (LoI) dengan Kota Cuenca untuk sister city," kata dia.
        
Sebelumnya, Ridwan Kamil juga telah mengunjungi Mexico City, Mexico. Dalam kunjungannya ke negara itu, Bandung akan menyontoh sistem transportasi massal yang diterapkan di negara Amerika Latin tersebut.

Pewarta: Asep Firmansyah

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017